<i>Blockchain</i> Solana Dominasi Dunia Gim Web3, Ini Daftar yang Siap Meluncur di Epic Games Store!
Blockchain Solana jadi unggulan para pengembang gim web3. (Foto; Dok. NewsBTC)

Bagikan:

JAKARTA - Solana (SOL), salah satu blockchain tercepat dan terhemat di dunia, semakin menunjukkan keunggulannya di bidang game Web3. Game Web3 adalah game yang memanfaatkan teknologi blockchain dan kripto untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih inovatif dan otonom kepada pemain.

Menurut Laporan State of Web3 Gaming Report 2023 dari Game7, sebuah platform yang menghubungkan pengembang gim Web3 dengan pemain, jumlah gim Web3 yang tersedia di Epic Games Store, salah satu platform distribusi gim digital terbesar, telah melonjak dari 10 di awal tahun menjadi 69 di bulan Oktober.

Laporan tersebut juga menyoroti bahwa Solana kini memiliki lebih dari 125 gim di dalam ekosistemnya, menjadikannya blockchain terfavorit keempat bagi para developer game di seluruh dunia dan blockchain non-EVM nomor satu.

EVM (Ethereum Virtual Machine) adalah model komputasi yang digunakan oleh Ethereum dan beberapa blockchain lainnya. Blockchain non-EVM adalah blockchain yang tidak menggunakan EVM, seperti Solana, Binance Smart Chain, dan Polkadot.

Gim-gim Web3 yang berbasis Solana menawarkan beragam genre, mulai dari gim petualangan fiksi ilmiah yang megah hingga gim pertarungan hewan peliharaan yang lucu.

"Solana tetap menjadi ekosistem non-EVM terbesar untuk game Web3," tulis laporan State of Web3 Gaming.

Berikut ini adalah beberapa gim Web3 berbasis Solana yang siap rilis di Epic Games Store:

1. Star Atlas, game MMORPG fiksi ilmiah yang masih dalam pengembangan, adalah salah satu gim Web3 yang paling dinanti-nantikan. Gim ini menggunakan token dan NFT Solana untuk menciptakan dunia gim yang luas dan realistis, yang penuh dengan pesawat ruang angkasa, bangunan futuristik, dan kostum keren untuk karakter pemain.

Meskipun mengalami beberapa kendala, seperti pemutusan 73% stafnya pada  Juli, gim ini terus berproses. Pada bulan September, gim ini merilis demo yang bisa dimainkan oleh pemilik NFT Star Atlas di Epic Games Store.

2. Aurory, gim RPG fantasi gratis, mengombinasikan unsur-unsur Pokémon dan Matrix. Gim ini awalnya meluncurkan NFT dan token AURY di Solana, tetapi kemudian mengumumkan rencana untuk berekspansi ke jaringan Ethereum layer-2 Arbitrum pada bulan Juli.

Aurory baru-baru ini mengumumkan bahwa gim ini akan meluncurkan ekspansi RPG-nya, "Seekers of Tokane", di Epic Games Store, selain versi browser yang sudah ada.

3. Seekers of Tokane menawarkan pemain tanah yang tak terhingga untuk dijelajahi, fitur pertempuran yang lebih lengkap, dan kustomisasi karakter yang lebih mendalam. Meskipun belum ada tanggal rilis pasti di Epic Games Store, gim ini terdaftar sebagai "Segera Hadir".

4. Yaku, gim metaverse sosial berbasis blockchain Solana dan Ethereum. Gim ini sedang dalam tahap akses awal di Epic Games Store, dengan fokus pada konten yang dibuat oleh pengguna dan pengembangan yang didorong oleh komunitas.

Gim ini menggambarkan lingkungan fiksi ilmiah distopia yang dikuasai oleh mega-korporasi Saikou yang kejam. Yaku berencana untuk merilis dunia gim secara bertahap melalui pembaruan berkala selama lima hingga tujuh tahun ke depan.

5. Chain Crisis, gim shooter cyberpunk dystopian, berlatar di dunia fiksi masa depan Warpgate City. Game ini terdaftar sebagai "Segera Hadir" di Epic Games Store. Gim ini telah merilis NFT avatar bergaya PFP pria di jaringan Solana dan berencana untuk menawarkan kosmetik karakter dalam game sebagai NFT.

6. Angelic, gim strategi fantasi yang menggabungkan unsur-unsur RPG, kartu, dan puzzle. Game ini menggunakan token dan NFT di jaringna Solana untuk menciptakan dunia game yang kaya dan menarik, yang penuh dengan makhluk-makhluk ajaib, artefak, dan berbagai kemampuan. Game ini telah merilis versi beta yang bisa dimainkan di Epic Games Store.