Bagikan:

JAKARTA – Salah satu dompet berbasis Ethereum populer, MetaMask, baru-baru ini meluncurkan kit pengembangan perangkat lunak (SDK) di Unity Asset Store. Langkah ini memungkinkan pengembang game untuk mengintegrasikan aplikasi game Web3 dengan platform dan menghubungkan game mereka ke dompet MetaMask.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan fitur-fitur yang mendukung Web3 dalam game itu sendiri. Selain MetaMask, daftar SDK terverifikasi dari Aptos, Algorand, Flow, ImmutableX, Infura, Solana, dan Tezos juga tercantum di Unity Asset Store.

MetaMask juga bekerja sama dengan ConsenSys dan Infura untuk meluncurkan program pengguna awal Web3, bernama Sidequest. Program ini akan menawarkan hibah sebesar 100.000 dolar AS (Rp1,5 miliar) dan panduan untuk membantu para pengembang game bertransisi ke Web3.

Pihak MetaMask mengklaim bahwa ada satu juta pengguna yang terhubung ke game Web3 di 48 blockchain setiap hari, sehingga potensi pertumbuhannya sangat besar.

DappRadar baru-baru ini merilis laporan yang menunjukkan bahwa industri game Web3 telah memulai tahun ini dengan gemilang, karena 156 juta dolar AS (setara Rp2,3 triliun) telah terkumpul di sepuluh investasi pada bulan Januari.

Data on-chain untuk game blockchain menunjukkan peningkatan aktivitas sebesar 1,3 persen dengan 858.621 dompet aktif harian yang unik di bulan Januari, yang merupakan 48 persen dari aktivitas aplikasi terdesentralisasi atau Dapp.

Selain itu, mantan analis Goldman Sachs, Grant Haseley, mengumumkan game FPS berbasis cloud pertama Web3, Undead Blocks, di ImmutableX. Game ini merupakan game penembak orang pertama bertahan hidup zombie multipemain yang dapat dimainkan secara gratis untuk mendapatkan uang dan dikembangkan oleh Wagyu Games Studio milik Haseley.

Andrew Sorokovsky, wakil presiden Pengembangan Bisnis Global di Immutable, mengatakan bahwa Undead Blocks adalah kombinasi yang tepat antara teknologi inovatif dan gameplay yang mudah didekati dan inklusif yang siap untuk memberikan dorongan besar pada adopsi massal game Web3.

Dengan peluncuran MetaMask SDK di Unity Asset Store dan pertumbuhan yang pesat di industri game Web3, para pengembang game diharapkan dapat mengambil manfaat dari kesempatan ini dan meningkatkan pengalaman bermain game mereka.

Program pengguna awal Web3 yang diluncurkan oleh MetaMask, ConsenSys, dan Infura juga dapat membantu pengembang game dalam bertransisi ke Web3. Ke depannya, dapat diharapkan adopsi game Web3 akan terus meningkat dan menciptakan peluang bisnis yang lebih besar.