Mengenal Decentraland, Metaverse Paling Populer dan Cara Memainkannya
Cara bermain gim Decentraland (Blockonomi)

Bagikan:

JAKARTA - Dunia virtual (metaverse)mkian dilirik oleh banyak kalangan. Salah satu metaverse yang paling terkenal adalah Decentraland. Platform itu dikembangkan oleh Estaban Ordano dan Ari Meilich yang berupa ruang virtual yang berisi petak real estat, barang, dan aset lainnya dalam bentuk digital. Di dalamnya, para pengguna tidak hanya bisa bermain gim dan berinteraksi, namun juga membeli Non-fungible Token (NFT) dan tanah virtual.

Decentraland sendiri merupakan ruang virtual yang berdiri di atas blockchain Ethereum. Platform virtual terdesentralisasi itu memungkinkan pengguna untuk membuat, bepergian, dan memonetisasi konten, pengalaman, dan aplikasi. Jadi, platform ini adalah virtual reality (VR) di mana tanah virtual 3 dimensi (3D) dimiliki secara permanen oleh komunitas yang memberi para anggotanya kontrol mutlak atas kreasinya.

Di Decentraland, Anda dapat masuk, membuat avatar, dan memulai menjelajahi, membeli tanah, dan membangun berbagai jenis bangunan, dari taman bermain, bioskop, sampai galeri virtual. Jika Anda memiliki tanah virtual di Decentraland, Anda bisa mengontrol konten yang dipublikasikan ke tanah virtual yang dimiliki. Konten ini dapat berupa sistem interaktif seperti game sampai karya seni 3D statis layaknya lukisan.

Satu hal yang membuat Decentraland jadi unik dibandingkan dengan gim berbasis blockchain lainnya adalah platform tersebut tidak dikendalikan oleh satu organisasi. Tetapi, para anggota dapat berpartisipasi dalam Decentralized Autonomous Organization (DAO) yang mengatur kebijakan yang dibuat guna menentukan bagaimana dunia virtual ini berjalan. Lalu, bagaimana cara bermain gim Decentraland? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Memainkan Decentraland

Saat pertama kali masuk ke website Decentraland, Anda akan menemukan tombol “Get Started” berwarna merah. Selanjutnya, Anda akan disuruh memilih untuk connect ke dompet digital kripto atau bermain sebagai guest.

Untuk lebih mudahnya, panduan ini menggunakan wallet MetaMask untuk masuk dan menyetujui izin yang diperlukan. Setelahnya, Anda perlu membuat avatar Anda bisa menyesuaikan tampilan yang diinginkan, seperti bentuk tubuh, kepala, baju, celana, sepatu, aksesoris, dan berbagai atribut lainnya.

Tampilan awal Decentraland
Tampilan awal Decentraland

Setelah selesai menyetel avatar, Anda perlu klik “Done” di bagian kiri bawah. Namai avatar sesuai keinginan Anda, setujui seluruh syarat pada gim tersebut, dan Anda sudah siap untuk menjelajah. Anda akan ditempatkan di Genesis Plaza bersama seluruh pemain baru yang akan memulai penjelajahan mereka.

Pemain akan ditempatkan di Genesis Plaza
Pemain akan ditempatkan di Genesis Plaza

Perlu diperhatikan, ketika kotak tutorial muncul di bagian bawah layar Anda, disarankan agar jangan menutup tutorial tersebut sampai Anda terbiasa bermain gim ini. Hal ini bakal memberikan dasar-dasar untuk memainkannya. Setelah berada di Genesis Plaza, Anda bisa mengontrol avatar dengan menggunakan tombol “W, A, S, D”, layaknya gim MMO kebanyakan.

Di dalam Genesis Plaza, Anda akan menemukan pilar-pilar yang menunjukkan berbagai aktivitas yang dapat Anda lakukan di Decentraland. Anda juga bisa melompat melewati bagian tengah lubang raksasa yang tampak seperti angin puyuh dan menjelajahi jalan-jalan yang lain. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah klik “M” pada keyboard dan Anda akan beralih ke map atau peta. Di situ, Anda bisa mencari lokasi yang berbeda dan langsung berada di lokasi tersebut tanpa harus berjalan.

Peta Decentraland
Peta Decentraland

Di bagian kanan bawah, Anda bisa melihat lokasi avatar. Pada bagian atas, terdapat menu navigasi yang memungkinkan Anda untuk memilih berbagai menu. Sebagai contoh, jika Anda mengeklik menu “Explore” Anda akan diarahkan menuju halaman di mana terdapat  berbagai tempat, event, dan lainnya.

Saat Anda mengeklik “Explore”, akan terdapat opsi “Places” dan ketika Anda memilihnya beberapa lokasi terkenal di Decentraland akan muncul. Salah satunya adalah galeri yang berada di Inggris, Sotheby. Ketika masuk ke galeri, Anda akan menemui lukisan dari seniman terkenal Banksy. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengeklik lukisan tersebut dan akan membuka halaman Sotheby yang menunjukkan detail dari karya seni tersebut.