Turnamen Tenis Australia Open Bakal Digelar Secara Virtual di Metaverse Decentraland
Australia Open bakal digelar di metaverse Decentraland (tothemooncurrency)

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu turnamen tenis paling bergengsi di dunia yakni Astralia Open (AO) dilaporkan bakal mengadakan turnamen secara virtual pada tahun ini. Kejuaraan tersebut kabarnya akan digelar di metaverse Decentraland, salah satu platform realitas virtual terkemuka saat ini.

Selain itu, para penggemar juga bakal bisa membeli non-fungible token (NFT) yang dihubungkan langsung ke data pertandingan secara live. Masuknya Australia Open ke ranah metaverse didorong oleh melonjaknya kasus Omicron di negeri Kanguru.

Oleh karena itu, pihak penyelenggara memutuskan untuk memberikan akses yang lebih luas bagi penggemar tenis dari berbagai dunia untuk menyaksikan pertandingan secara langsung di dunia virtual. Selain menonton pertndingan tenis, penggemar juga bakal bisa mengamati stadion utama Rod Laver Arena, dan menjelajahi restoran di sana.

“Dengan gelombang teknologi berikutnya, penggemar tenis global akan memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari Australia Open 2022 dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya,” kata Craig Tiley, Direktur Turnamen Australia Open.

Dilansir dari Cryptopotato, organisasi akan merilis koleksi 6.776 NFT, yang disebut “Art Ball NFTs.” Setiap koleksi akan sesuai dengan tembakan kemenangan dari semua pertandingan dari kejuaraan 2022. Pemilik juga akan menerima airdrop dengan cuplikan poin, wearable virtual, dan manfaat lainnya di masa mendatang.

Pemilik NFT yang terhubung dapat mengklaim dan mendapatkan bola tenis fisik dari pertandingan yang digunakan dalam permainan dalam kotak yang dibuat dengan tangan khusus. Selanjutnya NFT bakal bisa dilacak oleh teknologi yang sama yang digunakan untuk menilai poin pertandingan dalam game.

“Art Ball NFTs” akan mulai dijual pada 10 Januari, sedangkan acara AO Decentraland akan ditayangkan pada 17 Januari, hari yang sama saat turnamen fisik dimulai.

Dengan masuknya turnamen tenis bergengsi Australia Open ke dunia metaverse Decentraland diikuti oleh perusahaan smartphone yakni Samsung yang membuka toko virtual-nya di sana. Dunia virtual semakin digandrungi oleh berbagai perusahaan dunia, termasuk Adidas yang merambah ke metaverse The Sandbox, Nike memasuki metaverse Roblox. Selain itu, metaverse juga mulai diminati masyarakat global. Sebelumnya, penyanyi Justin Bieber juga telah mengadakan konser virtual pertama di metaverse.