Edukasi Terus Digencarkan, Begini Cara Masuk ke Metaverse
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Cara masuk ke metaverse seringkali menjadi pertanyaan bagi masyarakat. Jika dipahami, cara bergabung ke dunia virtual tersebut sangat mudah dan gampang untuk dipelajari.

Teknologi kekinian tersebut akan menawarkan sensasi dunia virtual yang tampak nyata. Potensi metaverse saat ini terus dilirik, kemajuannya juga bertumbuh pesat dari tahun ke tahun.

Namun, juga masih banyak masyarakat atau target pasar digital sendiri yang belum memahami teknologi metaverse seutuhnya. Untuk itu, salah satu perusahaan blockchain dan kripto di tanah air, Indodax akan turut serta mengedukasi masyarakat.

CEO Indodax Oscar Dermawan menyambut baik perkembangan metaverse tersebut. Oscar menilai bahwa sebagai salah satu pelaku industri digital di Indonesia, Metaverse menjadi isu penting yang akan memberikan peluang untuk kemajuan teknologi di dalam negeri.

"Kami siap memanfaatkan peluang ini. Ada banyak hal yang siap kami lakukan untuk menyambut baik," ungkap Oscar Darmawan dalam keterangannya, Jumat 24 Juni.

Menurut CEO Indodax ini, bentuk dukungan yang diberikan tersebut berupa mengedukasi masyarakat mengenai blockchain sebagai teknologi yang mendukung masa depan metaverse di Indonesia.

"Kami siap mengedukasi mengenai blockchain sebagai teknologi yang mensupport hal tersebut dan tentunya edukasi mengenai metaverse," katanya.

Sebagai pendiri platform indonesia crypto exchange pertama, Oscar juga yakin bahwa developer blockchain lainnya juga siap untuk mengembangkan metaverse sesuai arahan dari pemerintah. Dia juga berharap agar pemerintah menentukan road map dan stimulus lainnya untuk dukungan terhadap dunia metaverse ini.

Pihaknya juga siap untuk berkolaborasi dengan pihak manapun untuk membangun, mengembangkan dan mengokohkan ekosistem digital ini.

"Indodax mendukung dengan memberikan edukasi kepada masyarakat awam seperti apa yang sudah Indodax lakukan selama ini melalui Indodax Academy. Kami juga berharap pemerintah bisa sama sama berkolaborasi dan mendukung terlaksananya hal ini dengan memberikan regulasi yang jelas, serta dukungan infrastruktur yang memadai,” ungkap Oscar Darmawan.

Cara Masuk ke Metaverse

Beberapa orang mengatakan bahwa cara masuk ke metaverse itu cukup sederhana. Buang pola pikir bahwa Anda membutuhkan berbagai perlengkapan yang serba mahal. Sebab, masuk ke metaverse juga bisa dilakukan hanya dengan memakai smartphone saja.

Berikut ini yang perlu dipersiapkan sebelum mengetahui cara masuk ke metaverse step by step:

1. Siapkan perlengkapan yang mendukung, seperti smartphone, laptop, atau PC, serta internet dengan kecepatan tinggi. Cara masuk ke metaverse akan lebih mudah dengan koneksi internet yang cepat dan mendukung.

2. Pilih platform yang ingin Anda gunakan untuk memasuki dunia metaverse. Beberapa platform yang bisa dicoba akan dijelaskan lebih lanjut di bawah.

3. Gunakan perangkat tambahan untuk merasakan sensasi senyata mungkin, misalnya headphone atau kacamata AR & VR.

Pada dasarnya ada beberapa platform yang bisa dipilih untuk memasuki dunia metaverse. Berikut beberapa platform populer yang bisa digunakan sebagai cara masuk ke metaverse:

Decentraland

Decentraland memungkinkan Anda membuat avatar untuk merepresentasikan diri di dunia metaverse. Konsepnya hampir mirip dengan game populer The Sims, dimana penggunanya menciptakan avatar sesuai preferensi, mulai dari memilih bentuk wajah, warna rambut, hingga tampilan fashion-nya sekalipun.

Di platform Decentraland, pengguna juga bisa melakukan hal yang sama sebagai cara masuk ke metaverse. Sebelum memutuskan membuat avatar di Decentraland, pengguna harus menyediakan akses lengkap menuju ke sana dengan cara mengunduh dan terhubung ke browser ekstensi metamask.

Setelah terhubung, pengguna dapat menavigasi metaverse di Decentraland dan melihat perkembangan yang ada di dunia virtual tersebut. Semakin banyak orang mendaftar dan membuat avatar disana, maka semakin banyak pula populasi dan ragam aktivitas yang dapat dilakukan.

Berikut ini tahap yang perlu Anda lakukan untuk bisa masuk ke Decentraland. Namun sebelum itu, Anda perlu menginstal lebih dulu metamask di Chrome.

- Pertama, buka Chrome terlebih dahulu.

- Klik 3 titik di pojok kanan atas.

- Pilih More Tools > Extensions.

- Klik ikon garis tiga di bagian kanan atas > pilih opsi Open Chrome Web Store > cari toko MetaMask.

- Pilih MetaMask dengan logo kepala rubah oranye.

- Klik Add to Chrome.

- Anda perlu mengatur dompet dan membuat akun Ethereum.

- Klik ekstensi jika belum dibuka, lalu ikuti instruksi selanjutnya.

Setelah berhasil menginstal ekstensi Metamask di Chrome tersebut, langkah selanjutnya adalah membuat akun di Decentraland.

- Buka situs https://decentraland.org/.

- Klik Start Exploring pada bagian kanan atas. Anda dapat memilih untuk menjelajah dalam mode Guest atau dengan login ke akun dompet kripto.

- Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik, disarankan Anda login dengan dompet kripto terlebih dahulu.

- Jika belum memiliki Akun, Anda akan diarahkan untuk membuat paspor dan mendesain avatar.

- Jangan lupa sambungkan dompet kripto Metamask untuk digunakan sebagai ID paspor di Decentraland.

- Setelah memiliki dompet Metamask, klik tombol Jelajah Dunia di halaman Decentraland.

Sampai di tahap ini, Anda sudah berhasil memasuki dunia virtual metaverse. Sebelum mulai menjelajah, Anda juga dapat menyimak berbagai panduan untuk mempelajari keterampilan dasar seperti berjalan, melompat, dan lain sebagainya.

The Sandbox

The Sandbox menjadi cara masuk ke metaverse paling populer sesi selanjutnya. Dalam platform ini, pengguna dapat membuat, membangun, dan memonetisasi dunia virtual. Salah satu fitur yang paling banyak diminati adalah membeli tanah di The Sandbox, yang menjadi cara instan untuk masuk ke metaverse.

Hal ini karena begitu Anda membeli tanah di sana, otomatis Anda akan dapat mengakses dunia metaverse. Beberapa brand besar juga sudah mulai membeli tanah untuk menciptakan dunia virtual mereka, contohnya Adidas yang mulai menciptakan metaversenya yaitu Adi-verse.

Di The Sandbox, Anda juga bisa mendapatkan reward, sampai berkesempatan membuat game demo secara gratis, serta menyediakan tutorial. Asyik bukan. Namun sebelum itu, tentu Anda harus mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu di The Sandbox tersebut. Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan.

- Buka situs resmi The Sandbox di https://www.sandbox.game/en/.

- Klik tombol Sign Up, lalu buat akun seperti biasa.

- Anda juga bisa masuk dengan menggunakan akun Google, Facebook, atau dompet kripto.

- Hubungkan dompet kripto Anda dengan akun The Sandbox.

- Akun pun sudah berhasil dibuat.

Dan begitulah penjelasan tentang cara masuk ke metaverse yang simpel dan bisa dicoba. Perlu diketahui juga bahwa sampai saat ini, metaverse masih terus dalam tahap pengembangan. Namun diprediksi, teknologi metaverse tersebut dapat merajai dunia digitalisasi di masa mendatang.