Decentraland (MANA) Bakal Selenggarakan Ajang Fashion Week Pertama di Metaverse
Fashion Week bakal diselenggarakan di Decentraland. (Tangkapan layar Twitter @decentraland)

Bagikan:

JAKARTA – Untuk pertama kalinya acara Fashion Week akan digelar di Metaverse Decentraland (MANA). Acara mode tersebut bertajuk Metaverse Fashion Week (MVFW). Ini merupakan gelaran pekan mode yang tidak seperti biasanya karena diselenggarakan di dunia virtual.

Biasanya pekan mode digelar di kota-kota besar. Para perancang busana terkemuka juga turut hadir menyaksikan sejumlah model mengenakan produk busana tertentu berjalan di atas catwalk. Namun kali ini berbeda, ajang fashion tersebut bakal diselenggarakan di atas panggung peraga virtual selama empat hari berturut-turut.

Pasar game virtual Decentraland (MANA) akan menjadi tuan rumah Metaverse Fashion Week (MVFW) pertama di platformnya. Produk busana yang akan dikenakan oleh sejumlah model akan berbentuk non-fungible token atau NFT. Busana-busana tersebut dirancang oleh beberapa brand terkenal di dunia seperti Tommy Hilfiger, Selfridges, Cavalli, Eli Saab, Vogue Arabia, Guo Pei dan lainnya.

Dilansir dari The Daily Hodl, Direktur kreatif MANA Sam Hamilton mengatakan bahwa meskipun mode bukanlah hal baru di metaverse, permintaan akan pakaian digital yang stylish sedang booming.

“Fashion dan haute couture bukanlah hal baru di metaverse. Decentraland telah menjadi yang terdepan dalam mode digital langka dan paling diminati sejak peluncuran perangkat yang dapat dikenakan avatar pada tahun 2020,” imbuh Hamilton.

“Sejak saat itu, pembuat konten telah mendorong batas teknis dan gaya perangkat yang dapat dikenakan Decentraland, dan telah menciptakan ekonomi yang berkembang pesat dengan lebih dari 1 juta dolar AS dalam penjualan perangkat yang dapat dikenakan avatar tahun lalu,” tambahnya.

Peragaan busana yang imersif akan berlangsung di Distrik Mode Mewah Decentraland yang baru dan akan menampilkan catwalk yang memiliki tampilan futuristik. Ini juga akan menjadi tuan rumah toko metaverse pop-up dan afterparty.

Kawasan perbelanjaan di area ini akan mengelilingi landasan pacu virtual dan terinspirasi oleh arsitektur dari Avenue Montaigne yang terkenal di Paris, yang terkenal dengan toko pakaian dan dekorasinya yang apik. Acara ini dijadwalkan berlangsung antara 24 Maret hingga 27 Maret.

Sementara itu, harga kripto Decentraland (MANA) diperdagangkan di level Rp36.786 saat penulisan. Data dari Coingecko mengungkapkan bahwa performa harga MANA mengalami penurunan sebesar 0,3 persen dalam 24 jam terakhir. MANA sempat tembus harga tertinggi sepanjang masanya (ATH) di level Rp83.590 pada 25 November 2021 lalu.