YouTube Hadirkan Emote Custom Mirip yang Dimiliki Twitch
YouTube meluncurkan emote khusus, yang mirip dengan custom emote Twitch. (foto : dok. Youtube)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube mulai meluncurkan emote khusus, yang mirip dengan custom emote Twitch. Fitur baru ini adalah upaya platform memberi pengguna cara lain untuk berinteraksi dengan konten kreator favorit mereka.

Dijuluki YouTube Emotes, fitur ini dapat digunakan di seluruh YouTube di bagian komentar dan selama obrolan langsung.

Sebelumnya, YouTube juga telah mengizinkan masing-masing streamer untuk menawarkan ikon reaksi dan emote mereka sendiri.

Sebagai permulaan, YouTube menghadirkan satu set emote gim yang dirancang oleh Abelle Hayford, Guy Field, dan Yujin Won, lebih banyak emote dengan tema lain akan dihadirkan ke depannya.

“Kami memulai dengan emote yang dibuat untuk Gaming, tetapi sedang berupaya menghadirkan lebih banyak lagi tema emote di masa mendatang, jadi pantau terus emote untuk lebih banyak komunitas," ujar YouTube dalam laman komunitasnya.

Menggunakan emote custom di YouTube berfungsi hampir sama dengan menggunakan emoji, dan pengguna dapat mengakses semua YouTube Emotes yang tersedia dengan mengeklik ikon emoji di obrolan langsung atau komentar.

Selain itu, YouTube Emotes juga memiliki nama khusus yang dapat pengguna ketik untuk dilengkapi secara otomatis di obrolan langsung, sehingga bisa mendapatkan akses yang lebih cepat.

Misalnya, pengguna dapat mengetik ":cat-orange-whistling:" di obrolan langsung sambil menonton streaming untuk menggunakan emote custom dengan siulan kucing oranye.

Dilansir dari The Verge, Rabu, 7 Desember, saat ini belum jelas apakah YouTube akan mengizinkan konten kreator untuk menerbitkan emote custom mereka sendiri di platform. Namun, perusahaan menyatakan pengguna bisa melihat emote baru dari artis independen di masa mendatang.