<i>Streamer</i> Andalan Benjamin 'DrLupo' Pindah ke YouTube, Twitch Mencoba Bersabar!
DrLupo, mendapatkan kesepakatan yang membuatnya "aman" seumur hidup. (foto: instagram @drlupo)

Bagikan:

JAKARTA - Twitch baru saja kehilangan salah satu bintangnya yang paling populer Benjamin “DrLupo”. Lupo mengumumkan bahwa dia telah menandatangani kesepakatan untuk streaming secara eksklusif di YouTube Gaming.

Kesepakatan itu terjadi hampir dua tahun setelah Lupo menandatangani perjanjian eksklusif dengan Twitch milik Amazon, yang dilaporkan bernilai jutaan dolar per tahun pada saat itu.

"Kami tidak mengharapkan apa pun selain yang terbaik dalam segala hal yang akan datang," ungkap Twitch setelah Lupo meninggalkan platform seperti dikutip dari Engadget, Rabu, 1 September.

PR agency, Loaded mewakili Lupo, menolak untuk membagikan rincian kesepakatannya dengan YouTube. Akan tetapi streamer itu mengatakan kepada The Washington Post bahwa Lupo sekarang "aman seumur hidup."

Dia juga berencana untuk membuat lebih banyak konten video non-streaming. “Jelas, saya masih akan bermain video game di YouTube. Tapi kami memiliki kesempatan sekarang untuk melakukan beberapa hal baru," ujar Lupo.

Lupo yang berusia 34 tahun itu dikenal karena sering bermain gim Fortnite, Destiny, Escape from Tarkov dan Among Us. Streaming YouTube Gaming pertama Lupo akan berlangsung pada 31 Agustus.

Lupo sudah memiliki pamor yang cukup besar di YouTube, dengan lebih dari 1,7 juta subscriber. Namun, pengikutnya di Twitch jauh lebih besar dibanding di platform milik Google itu. Dia memiliki 4,5 juta pengikut di Twitch, dan dinobatkan sebagai orang yang memiliki pengikut terbanyak ke-26.

Dihimpun dari BBC Internasional, mengubah platform atau bahkan gim, biasanya dapat menyebabkan hilangnya banyak pengikut. Misalnya saja streamer Tyler "Ninja" Blevins, yang menandatangani kesepakatan eksklusif bernilai jutaan dolar dengan layanan streaming Microsoft Mixer pada 2019. Kurang dari setahun kemudian, Microsoft mengumumkan Mixer ditutup dan mendorong mitranya untuk pindah ke Facebook Gaming.

Seperti YouTube Gaming, Facebook Gaming relatif kecil di ruang streaming langsung dibandingkan dengan Twitch milik Amazon, yang mendominasi. Ninja memilih untuk kembali ke Twitch, bersama dengan Shroud, streamer top lainnya yang memiliki kesepakatan dengan Microsoft.

Pada April lalu, Streamlabs dan Stream Hatchet memperkirakan dari total jam yang ditonton pada kuartal pertama tahun 2021, Twitch memiliki 72 persen, YouTube Gaming lebih dari 15 persen dan Facebook 12 persen. Namun, angka yang dicapai YouTube adalah saat pandemi berlangsung, kemungkinan jika pandemi sudah usai, layanan streaming gimnya akan turun sebanyak 4 persen.