Pemerintah India Izinkan Empat Varian Tesla Turun ke Jalanan
Tesla varian Y, kini sudah bisa dijual di India. (foto: Craventure Media/unpslash)

Bagikan:

JAKARTA - Tesla telah menerima persetujuan dari lembaga lokal untuk peluncuran empat varian kendaraannya di jalan-jalan India. Artinya Model 3 dan Y dalam beberapa versi disetujui untuk digunakan di negeri Bollywood itu, meski hal ini tidak mewajibkan pabrikan untuk segera memboyongnya ke pasar lokal.

Tesla telah melewati fase homologasi untuk empat model atau varian yang sedang mencari persetujuan di India. Homologasi adalah proses yang menegaskan bahwa kendaraan layak untuk digunakan dan memenuhi semua kriteria yang diperlukan.

Langkah ini diperlukan untuk mengatur panggung peluncuran penjualan di sana. Tanpa persetujuan dari badan-badan lokal, akses kendaraan ke jalan-jalan negara tidak mungkin dilakukan. Ini adalah tonggak penting lainnya untuk meluncurkan penjualan mobil Tesla di India.

Menurut Kementerian Transportasi Jalan dan Jalan Raya, Tesla India Motors and Energy telah menerima persetujuan untuk empat varian kendaraannya, meskipun model dan varian spesifiknya belum disebutkan.

Namun, saat ini, kita dapat membuat asumsi yang berani bahwa itu adalah Model 3 dan Y, yang telah berulang kali terlihat diuji di jalan-jalan India. Dalam hal opsi, masuk akal untuk mengasumsikan bahwa Tesla akan mulai dengan model dan harga yang paling terjangkau.

Perlu diingat bahwa persetujuan ini tidak berarti perusahaan akan segera meluncurkan penjualan kendaraan di India. Saat ini, Tesla sedang mengupayakan pengurangan bea masuk dari pemerintah negara tersebut, yang berarti belum menyelesaikan implementasi rencananya.

Menurut informasi terbaru, pemerintah India mungkin setuju untuk mengurangi bea masuk pada kendaraan listrik jika pabrikan memenuhi persyaratan tertentu yang mereka ajukan.