Twitch, <i>Platform Streaming</i> Tempat GM Irene Sukandar vs GothamChess Duel Catur Online
Tangkapan layar video live streaming Twitch

Bagikan:

JAKARTA - Woman Grandmaster (WGM) Irene Sukandar bertanding catur online dengan GothamChess alias Levy Rozman. Duel catur online tersebut ditayangkan di platform streaming Twitch. 

Untuk sebagian netizen, mendengar platform Twitch mungkin kurang familiar dibanding YouTube. Namun bagi kalangan gamer, Twitch merupakan layanan streaming populer bagi konten kreator untuk bermain game online. 

Bahkan tak jarang siaran kompetisi eSport digelar secara live di Twitch. Lantaran Platform buatan Amazon ini sangat memudahkan konten kreator untuk bisa melakukan live streaming dan berinteraksi langsung dengan penontonnya.

Twitch diperkenalkan pada Juni 2011 sebagai spin-off dari platform streaming Justin.tv. Konten dalam Twitch bisa dilihat langsung atau lewat video sesuai permintaan (on demand).

Pada 2015, Twitch punya lebih dari 100 juta penonton tiap bulannya. Bahkan sejak 2017, Twitch menjadi layanan video streaming paling populer bagi gamer dibandingkan YouTube Gaming. 

Twitch juga menyediakan model bisnis yang menguntung bagi kontent kreatornya. Di mana para streamer (istilah lain konten kreator yang melakukan live streaming,-red) dapat menjual paket berlangganan atau subscriber bagi penggemarnya. 

Mulai dari mengirimkan emoji atau efek chat yang akan muncul dalam tayangan video live streaming sehingga dikenali oleh streamer. Model bisnis seperti inilah yang menguntungkan konten kreator untuk mendapatkan uang tambahan. 

Jadi tak heran apabila GothamChess memilih untuk menayangkan duel catur onlinenya di Twitch dibandingkan platform lain. Duel catur GothamChess vs GM Irene Sukandar sendiri masih bisa disaksikan ulang di kanal Twitch.tv/GothamChess dan Twitch.tv/irenesukandar

Dilihat dari platform streaming Twitch dan YouTube, duel catur online Irene dengan GothamChess alias Levy Rozman disaksikan lebih dari 53 ribu netizen. Sebagian besar penonton merupakan netizen Indonesia yang penasaran dengan head to head Irene dengan GothamChess.