<i>Live</i> Twitch Sedang Tidur Cewek Ini Dapat Donasi Rp43 juta
Siaran Wang Yang yang sedang tidur lewat Twitch (OddityCentral)

Bagikan:

JAKARTA - Internet tidak hanya berisi informasi dan pengetahuan yang menarik saja. Banyak kejadian unik juga bisa kita temukan. Contohnya seperti kasus yang baru-baru ini menggegerkan netizen platform Twitch.

Twitch adalah platform teknologi di mana pengguna bisa melakukan live streaming. Pengembang memberi kebebasan pengguna terkait aktivitas dari kreator yang ingin disiarkan. Mulai dari gim, bermain alat musik, hingga hal yang tak terpikirkan seperti tidur.

Ya, hal itulah yang baru-baru ini dilakukan streamer asal Taiwan bernama Wang Yiming. Streamer platform Twitch yang juga mantan anggota grup musik AMOi-AMOi ini sukses mengumpulkan donasi senilai 3.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 43 juta.

Yang mengejutkan dan bikin kezel banyak netizen, konten streaming milik Wang cuma menampilkan dirinya yang tengah tidur saja. Selama lima jam.

Biasanya, Wang membagikan konten gaming selama streaming. Di sela-sela permainan, Wang tak lupa menyapa penggemar melalui kolom chat. Tapi, 24 Februari lalu, Wang pengin mencoba sesuatu yang berbeda.

Akhirnya, dia pun login akun Twitch pada pukul 5 sore. Alih-alih melihat Wang yang tengah duduk di meja gaming seperti biasanya, penonton malah disuguhi gambar kasur miliknya. Tak lama kemudian, Wang pun mulai merebahkan badan dan tidur hingga pukul 11 malam.

Selama streaming itu, Wang yang tengah lelap malah ditonton hampir 10 ribu pengunjung. Puncaknya bahkan mencapai 11.200 penonton yang melihatnya tertidur!

Cuma tidur dengan mata tertutup eye mask, Wang berhasil mengumpulkan 3.000 dolar AS. Itu baru jumlah dari donasi saja. Belum nilai iklan yang dihitung berdasarkan jumlah penonton.

Lantas apa yang dilakukan pengunjung? Cukup tidak masuk akal. Ada yang mengomentari posisi tidurnya, bahkan ada pula yang sibuk menertawakan pose ketika mulut Wang terbuka lebar.

Ketika mantan penyanyi ini terbangun, Wang terkejut melihat ada ribuan penonton yang memenuhi room streaming. Dan yang lebih mengejutkan, terdapat beberapa pengunjung yang betah menonton Wang tidur selama lima jam!

Meskipun tidak melakukan apa pun, Wang menjadi salah satu streamer papan atas selama lima jam dia tidur. Akibat konten tersebut, kontroversi pun dimulai.

Di satu sisi, penggemar setia Wang malah menyukai dan menganggap konten tersebut sebagai format streaming baru yang dikembangkan Wang. Di sisi lain, banyak netizen Taiwan yang mengkritisi kondisi streaming Twicth saat ini.

Pihak yang kontra beranggapan bahwa kesuksesan streaming tidur menandakan bahwa kualitas konten tidak ada artinya ketimbang tampilan menawan serta sedikit kulit yang bisa ditonton. Beberapa penggemar pun menyebut penonton yang menikmati streaming Wang sebagai ‘mesum’.

Menariknya, stream tidur tampaknya tengah jadi tren. Baik pada Twitch, maupun platform sejenis lain. Mengutip Wired, selama dua tahun terakhir, sudah ada banyak streamer kondang yang melakukan siaran saat dirinya tidur. Sama seperti Wang, sebagian besar dibangunkan oleh keramaian ruang komentar serta pemberitahuan donasi.

Streamer Taiwan lain yang juga menyiarkan dirinya tengah tertidur (OddityCentral)

Pekan lalu, konten streaming Wang jadi yang populer. Banyak netizen Taiwan membicarakannya. Tapi, Wang bukanlah yang pertama melakukan hal tersebut.

Bulan Februari tahun lalu, ketika lockdown Coronavirus tengah diberlakukan secara ketat, streamer Taiwan menyiarkan dirinya yang sedang tertidur. Kala itu, dirinya berhasil mengumpulkan 18,5 juta penonton!

Kamu tertarik mencobanya?