Bagikan:

JAKARTA – Twitch merupakan salah satu platform alternatif untuk melakukan live streaming atau siaran langsung. Meski mayoritas streamer menggunakan komputer saat streaming, Anda juga bisa menggunakan ponsel.

Seluruh tipe ponsel, baik itu Android maupun iOS, bisa mengunduh dan mengoperasikan aplikasi Twitch. Bahkan, ada fitur bawaan untuk melakukan streaming melalui ponsel. Jika Anda tertarik, berikut ini merupakan cara melakukan live streaming dari ponsel, dikutip dari Makeuseof.

Cara Live Streaming Twitch di Android

Aplikasi Twitch di Android dan iOS memiliki sedikit perbedaan. Jika Anda pengguna Android, Anda bisa langsung membuka aplikasi dan ketuk opsi Buat di bagian kanan atas layar. Tahapan ini perlu dilakukan agar Anda beralih ke Mode Pembuat.

Setelah beralih, ketuk tombol Buat di bagian tengah bawah layar, lalu pilih Streaming IRL. Sebelum streaming dimulai, Anda akan diminta untuk mengizinkan beberapa hal, seperti izin untuk mengakses kamera dan mikrofon.

Jika sudah diizinkan, Anda akan melihat pratinjau layar selama melakukan streaming. Anda bisa mengedit informasi streaming terlebih dahulu melalui tombol Edit, lalu masukan Judul, Kategori, Notifikasi Go Live, dan Tag.

Selanjutnya, Anda hanya perlu mengklik tombol Simpan. Untuk memulai live streaming, Anda bisa mengetuk tombol Streaming. Selama siaran berjalan, Anda akan mendapatkan informasi seperti durasi, jumlah penonton, dan total pengikut.

Cara Live Streaming Twitch di iOS

Jika Anda menggunakan iPhone, tahapan untuk melakukan live streaming tidak akan jauh berbeda. Anda hanya perlu beralih ke Mode Pembuat, ketuk tombol berwarna ungu dengan tanda plus, lalu pilih Streaming IRL.

Sebelum memulai streaming, Anda harus mengizinkan opsi Aktifkan Mikrofon/Kamera terlebih dahulu. Anda juga harus memasukkan informasi dari live streaming Anda. Jika semua tahapan sudah selesai, Anda bisa langsung melakukan live streaming.