Twitch Luncurkan Fitur Baru Mirip Twitter Spaces yang Memungkinkan <i>Streamer</i> Undang Bintang Tamu
: Twitch meluncurkan fitur baru untuk mengundang tamu dalam siaran langsung (foto: Twitch)

Bagikan:

JAKARTA - Twitch mengumumkan fitur baru untuk konten kreatornya berkolaborasi dengan streamer lain maupun dengan penonton siaran langsung mereka, yang diberi nama "Guest Star".

Twitch mengatakan pada Jumat, 1 Juli, bahwa Guest Star akan dapat menampilkan hingga enam orang, yang terdiri dari satu host, dan lima tamu. 

"Guest Star adalah alat yang memudahkan, aman, dan menyenangkan bagi pembuat konten untuk menghadirkan tamu - apakah itu pembuat konten lain atau pemirsa di streaming," kata Twitch dalam tweetnya. 

Embed: https://twitter.com/Twitch/status/1542587175732015105?t=blsIdMVWAiuPL8Rc9b3shA&s=19

Dalam sebuah utas yang dibuat, perusahaan juga menyertakan video yang menjelaskan cara kerja fitur tersebut. Jadi, tampilannya mirip sedikit dengan tampilan Zoom. Dimana di dalam live gabungan itu terlihat tombol gagang telepon, ikon mikrofon, dan tombol angkat tangan. 

Bagi penonton yang ingin mengajukan pertanyaan selama streaming, mereka bisa dengan langsung menggunakan tombol angkat tangan yang tersedia. Setelah itu, host bisa langsung mengundang mereka. 

Cara kerjanya hampir mirip dengan Twitter Spaces dan Clubhouse, tapi di Twitch mendukung video langsung serta audio selayaknya layanan streaming Twitch pada umumnya. 

Fitur Guest Star ini juga memberikan keleluasaan kepada host untuk memegang kendali atas siarannya. Host bisa menghapus tamu kapan saja karena alasan apapun. 

Sebagai permulaan, Guest Star hanya akan diluncurkan ke beberapa streamer terpilih. Streamer terpilih itu nantinya akan mendapatkan akses alfa yang akan dirilis musim panas ini. Sedangkan perilisan penuh untuk semua konten kreator direncanakan pada akhir tahun ini.