Menciptakan Generasi Cakap Digital bersama Siberkreasi
Webinar Siberkreasi (dok. Siberkreasi)

Bagikan:

JAKARTA - Media sosial kini jadi salah satu platform digital yang paling diminati masyarakat Indonesia. Namun, banyak pihak yang belum memahami peranan medsos di kehidupan nyata. 

Untuk itu Siberkreasi Bersama Facebook dan Kementeruan Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengadakan diskusi daring dengan mengangkat topik "The Perks of Being Digital Native.

Diskusi daring ini menghadirkan tiga narasumber, yakni Donna Visca seorang gamer sekaligus komentator pertandingan e-sports. Beauty Vlogger Agnes Oryza dan Nisa An Nashr yang dikenal sebagai Travel Blogger.

"Ketiga narasumber setuju bahwa teknologi memudahkan mereka untuk memberikan informasi dan edukasi terkait passion yang mereka miliki kepada khalayak yang lebih luas, dengan cara yang mudah dan juga cepat sebagai salah satu keuntungan hidup di era digital," tulis Siberkreasi dalam keterangan resminya, Minggu, 28 Februari.

Sebagai contoh, Donna Visca yang merupakan gamer. Dirinya melihat perkembangan dunia teknologi seperti game telah berdampak besar pada minat masyarakat.

"Karena masih bisa terbilang baru, jadi field-nya masih gede banget untuk kita cari keuntungan di dalam game dan e-sports itu tersebut. Jadi masih terbuka lebar lah, apalagi kita melakukannya dengan passion, jadi lebih terasa enak!" tutur Donna.

Hal serupa juga disampaikan Agnes Oryza dalam membangun komunitasnya untuk berbagi informasi dan edukasi seputar dunia kecantikan melalui media sosial. Ia percaya bahwa tersedianya platform medsos menjadi jalan yang bermanfaat untuk memperluas pengetahuan dalam ranah merawat diri yang tentunya berbeda-beda bagi setiap orang.

Platform media sosial juga sangat berarti bagi, Nisa An Nashr yang sukses menginspirasi penontonnya untuk lebih berani mengeksplorasi keindahan di tanah air. Termasuk menemukan destinasi wisata yang tak kalah dari luar negeri.

"Sosial media yang memudahkan orang untuk mengetahui lebih banyak tentang tempat wisata lokal, berdampak positif untuk menguatkan industri pariwisata yang menjadi salah satu industri terbesar dan paling berpengaruh bagi perekonomian Indonesia," ungkapnya. 

Ketiga sadar bahwa banyak sekali keuntungan dari era digital bagi semua orang yang ingin memanfaatkan teknologi dengan cara yang positif. Mereka juga percaya, untuk mewujudkan masyarakat yang cakap teknologi juga diperlukan kepedulian dan kredibilitas dalam setiap informasi yang akan disebarluaskan. 

"Salah satu kunci untuk menjadi content creator yang sukses adalah konsisten dalam membuat materi yang edukatif sekaligus menghibur dengan cara masing-masing," ujar moderator Annisa Virdianasari, anggota Siberkreasi. 

Informasi mengenai kegiatan webinar edukatif seputar generasi digital Siberkreasi berikutnya dapat dipantau di Instagram dan facebook @siberkreasi.