Cuma Tidur, Orang Ini Hasilkan Uang Rp223 Juta dari Twitch
Asian Andy sedang tidur (dexerto)

Bagikan:

JAKARTA - Berbeda dengan streamer Twitch pada umumnya yang kerap menampilkan konten streaming game, orang ini berhasil meraup untung dari Twitch dengan cara yang cukup unik yaitu tidur.

Adalah sosok bernama Asian Andy, seorang streamer yang hanya menampilkan konten tidur di platform tersebut. Aktivitas tidur merupakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh semua orang. Andy memilih menyuguhkan konten tidurnya untuk mendapat penghasilan dari Twitch.

Lelaki berusia 26 tahun itu dijuluki sebagai “sleep streamer”. Andy menayangkan secara live aktivitas tidurnya yang kerap mendengkur. Kontennya pun terdengar seperti sebuah kelakar saja, tapi uang yang didapatnya ternyata tidak sedikit.

Streamer Twitch itu berhasil mendulang untung senilai 16 ribu dolar AS (setara Rp 223 jutaan) dalam waktu satu malam. Yang paling unik adalah caranya menyuguhkan konten. Andy memanfaatkan speech recognition dari pesan yang dikirimkan para penonton untuk diubah menjadi perintah suara. Perintah suara ini kemudian direspon oleh asisten pintar Alexa.

Banyak penonton yang tertarik mengusili Andy dengan memerintah Alexa agar menirukan berbagai suara untuk mengganggu Asian Andy ketika melakukan sleep streaming.

Alexa pun mengikuti perintah para penonton donatur dengan menirukan suara gonggongan anjing dan menyalakan musik keras-keras. Beberapa kali terusik oleh gangguan itu, Andy memanfaatkan gangguan usil penonton itu menjadi berkah.

“Terima kasih banyak. Saya sebelumnya hanya mendapatkan penghasilan sebesar 16 dolar AS (setara Rp223 ribu) per jamnya sebagai sopir Uber,” ujar Andy di akhir live streaming.

Melansir dari Business Insider, nama Asian Andy pun sudah populer karena kerap menampilkan konten-konten unik dan lucu. Kini, ia mempunyai 76.400 followers di Twitch. Sedangkan di Instagram dan Twitter, ia memiliki 40.000 followers. Di YouTube, Andy telah berhasil mengumpulkan 1 juta subscriber.

Asian Andy (Mashable)

Sebelum Andy, sebenarnya sudah ada yang pernah meraup keuntungan dari kegiatan sleep stream itu. Pada 2017 silam, ada seorang YouTuber dengan nama akun Ice Poseidon yang sukses mendapat uang sebesar 5 ribu dolar AS (setara Rp 69,7 juta). Konten yang ditampilkannya pun hanya tidur.

Selain itu, pada 2018, Alex Shannon juga melakukan hal yang sama, bedanya ia keliling dunia dan tidur di bermacam-macam tempat yang mewah.