Data Twitch Sebanyak 125GB Bocor ke Publik, Peretas Bagikan Secara Gratis!
Twitch, mengalami peretasan data yang dakhirnya dibagikan gratis. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Twitch sepertinya telah mengalami peretasan. Sejumlah kode, data pesaing Steam yang belum dirilis dari Amazon Game Studios, dan detail pembayaran pembuat konten bocor ke publik.

Peretas mengunggah sebuah pesan lewat situs forum anonim 4chan, yang diklaim mencakup keseluruhan data Twitch sebanyak 125GB. Pesan itu mengatakan, bahwa insiden kebocoran tersebut dilakukan untuk menimbulkan lebih banyak gangguan dan persaingan di ruang streaming video online.

Peretas turut menyampaikan pesan berupa, "Jeff Bezos membayar 970 juta dolar AS untuk ini, kami memberikannya secara GRATIS." Twitch juga menyatakan kebocoran data itu benar terjadi, dan saat ini timnya sedang bekerja untuk memperbaikinya.

"Kami dapat mengonfirmasi pelanggaran telah terjadi. Tim kami bekerja dengan urgensi untuk memahami sejauh mana ini. Kami akan memperbarui komunitas segera setelah informasi tambahan tersedia," ungkap Twitch di akun Twitter-nya seperti dikutip dari CNET, Kamis, 7 Oktober.

Menurut Video Games Chronicle, yang pertama mengungkap peristiwa ini, bocornya data Twitch diduga mencakup perincian tentang pembayaran pembuat konten, kode sumber untuk klien Twitch konsol seluler, desktop, dan video gim, kode yang terkait dengan SDK berpemilik.

Adapula layanan AWS internal, pesaing Steam yang belum pernah dirilis dari Amazon Game Studios, data tentang properti lain yang dimiliki oleh Twitch serta alat keamanan internal. Data tersebut juga menunjukkan bahwa Twitch menghasilkan jutaan dolar selama tiga tahun terakhir, sebagai platform streaming teratas.

Sebagai informasi, Twitch merupakan salah satu situs streaming top dunia, dengan sekitar 2,5 juta orang menonton streaming. Twitch menjadi populer sebagai tempat para gamer untuk melakukan streaming langsung saat mereka bermain video gim, memberikan kesempatan kepada penonton untuk mendiskusikan apa yang terjadi di layar dan membayarnya melalui langganan.

Saat ini, Twitch telah berkembang menjadi tempat di mana banyak pengguna membuat video memasak, vlog perjalanan, dan hanya mengobrol, meskipun bermain gim tetap menjadi daya tarik yang besar. Twitch diakuisisi oleh Amazon seharga 970 juta dolar AS pada 2014.

Beberapa waktu yang lalu, Twitch telah menghadapi banyak masalah di platformnya. Bulan lalu, perusahaan mengajukan gugatan terhadap dua orang yang diduga melakukan serangan kebencian. Twitch juga telah menerapkan alat yang membantu streamer menyaring pelecehan dalam obrolan di akun mereka.