Bagikan:

JAKARTA - Peretas telah berhasil merusak Twitch selama beberapa jam kemarin, mengganti sejumlah gambar latar belakang gim dengan foto mantan CEO Amazon Jeff Bezos.

Beberapa pengguna melaporkan melihat gambar Bezos dalam gim GTA V, Dota 2, Smite, Minecraft, Apex Legends, dan masih banyak lagi di layanan milik Amazon.

Sayangnya, tidak begitu jelas bagaimana insiden ini terjadi, dan apakah hal itu berkaitan dengan pelanggaran keamanan besar-besaran di Twitch pada awal pekan ini.

Di mana peretas mengeksploitasi kesalahan konfigurasi server, mencuri 125GB informasi dan mengunggahnya di forum 4chan.

Twitch masih menyelidiki pelanggaran tersebut, dan sejauh ini data yang bocor itu termasuk kode sumber situs web, proyek yang belum dirilis, dan bahkan berapa banyak yang dihasilkan Twitch dalam tiga tahun ini.

Sementara itu dikutip dari The Verge, Sabtu, 9 Oktober, Twitch menegaskan tidak ada indikasi bahwa kredensial login pengguna terbuka. Sebab, nomor kartu kredit lengkap disimpan di tempat lain, karenanya itu tidak berhasil diretas dan diekspos.

Satu mantan karyawan Twitch memperingatkan bahwa penyerang sekarang dapat melihat pintasan dan API untuk layanan internal Amazon berkat kebocoran ini.

Sangat mungkin bahwa kebocoran tersebut mengungkapkan beberapa kode yang memungkinkan orang dengan mudah mengubah gambar latar belakang di Twitch.

Atau kemungkinan insiden kali ini disebabkan kesalahan cache. Diketahui, Twitch bergantung pada metode yang berbeda untuk men-cache gambar, dan itu mungkin mengalami masalah.

Sebagai informasi, Twitch adalah salah satu situs streaming top dunia, dengan sekitar 2,5 juta orang menonton streaming pada saat tertentu.

Platform ini menjadi populer sebagai wadah para gamer untuk berbagi streaming langsung saat mereka bermain video gim, memberikan kesempatan kepada penonton untuk mendiskusikan apa yang terjadi di layar dan membayarnya melalui langganan.

Situs ini telah berkembang menjadi tempat di mana orang-orang membuat video tutorial memasak, membuat vlog, dan hanya mengobrol, meskipun bermain gim tetap menjadi daya tarik yang besar. Perusahaan ini diakuisisi oleh Amazon seharga 970 juta dolar AS pada tahun 2014 lalu.