Reddit dan Twitch <i>Suspend</i> Akun-Akun Kampanye Donald Trump
Presiden AS Donald Trump (Twitter @realdonaldtrump)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali mendapat penolakan dari media sosial. Bahkan akun-akun kampanye Trump itu sempat ditangguhkan, karena disebut melanggar aturan ujaran kebencian.

Mengutip The Guardian, Rabu 1 Juli, kepala Eksekutif Reddit Steve Huffman mengatakan mereka memiliki kebijakan untuk men-suspend atau menangguhkan akun yang memuat konten ujaran kebencian. Komunitas Reddit juga telah melarang segala bentuk kampanye di forumnya tersebut.

Menanggapi tindakan penangguhan akun kampanye Donald Trump di forum Reddit, seorang juru bicara kampanye Trump berdalih bahwa mereka mengarahkan orang ke aplikasi kampanye Trump "untuk mendengarkan langsung pidato dari presiden."

Sebenarnya, Reddit telah "mengkarantina" sejumlah akun yang diduga menyebarkan ujaran kebencian di forumnya, sejak tahun lalu. Data Reddit menunjukkan, akun-akun terkait Donald Trump memiliki lebih dari 7.780 pengguna aktif harian, sejak dilantik menjadi presiden pada 2016 lalu.

“Semua komunitas di Reddit harus mematuhi kebijakan konten kami dengan itikad baik. Kami melarang r/The_Donald karena belum mematuhinya, di samping setiap kesempatan,” kata Huffman.

Hal serupa juga dilakukan oleh platform streaming, Twitch yang sementara waktu menangguhkan saluran resmi milik Donald Trump. Penangguhan akun orang nomor satu di AS itu terjadi karena, beberapa isi dari konten yang disiarkan mengandung ujaran kebencian dan membawa isu rasial.

Seorang juru bicara Twitch mengatakan platform tersebut telah memberi tahu "tim presiden" tahun lalu bahwa tidak ada pengecualian di situs untuk konten politik atau berita yang melanggar aturan.

Kebijakan konten perusahaan media sosial telah menjadi sorotan bulan ini, ketika Facebook Inc menghadapi pemogokan karyawan dan boikot iklan atas penanganan langsung postingan rasis dan kekerasan di tengah-tengah protes anti-rasisme nasional dan menjelang pemilihan 3 November mendatang.

Awal bulan ini, Twitter mulai menempatkan sebuah label peringatan di beberapa tweet yang diunggah Trump, sedangkan Snap Inc perusahaan induk Snapchat mengatakan tidak akan lagi mempromosikan akun Trump di bagian laman Discover.

Begitupun dengan YouTube yang mengatakan bahwa mereka menghentikan enam akun yang secara luas dikreditkan dengan membangun dukungan untuk pandangan sayap kanan online atas pelanggaran ujaran kebencian, termasuk saluran yang dijalankan oleh Richard Spencer, Stefan Molyneux dan mantan pemimpin Ku Klux Klan David Duke.