Kepindahan Messi dari PSG ke Barcelona Juga Berimbas pada Kontrak Gim, Ini Penyebabnya
Kepindahan Lionel Messi mempengaruhi ikon gim Konami. (foto: instagram)

Bagikan:

JAKARTA – Mega transfer Lionel Messi dari Barcelona ke Paris Saint-Germain secara resmi selesai, saat ikon Argentina menandatangani kontrak dua tahun dengan tim Paris pada pekan lalu.

Langkah Messi yang terkenal akan memiliki implikasi sepak bola yang besar. Kini  pemenang Copa America 2021 bergabung dengan skuad yang berisi talenta kelas dunia seperti Kylian Mbappe, Neymar, Angel Di Maria dan Marco Verratti. Mereka kini akan menargetkan juara Liga Champions musim ini.

Tetapi transfer tersebut juga memiliki implikasi bagi industri video game, yang berdampak pada lisensi, kemitraan, dan perjanjian bintang tersebut, terutama dengan waralaba eFootball Konami dan waralaba FIFA dari EA Sports.

Messi saat ini menjadi duta dan bintang sampul untuk franchise video game eFootball baru Konami, yang akan dirilis pada Musim Gugur 2021 di PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X|S, Xbox One, Windows 10 dan PC Steam, dengan iOS dan Android akan segera menyusul. Wajahnya akan menjadi ikon gim itu.

Konami baru-baru ini mengungkapkan bahwa eFootball akan menggantikan waralaba PES yang ikonik. Sebagai gantinya akan merilis game free-to-play yang memiliki crossplay antara semua platform dan akan menerima peningkatan dan pembaruan konstan, daripada merilis game baru setiap tahun.

Mantan klub Messi, FC Barcelona, juga sudah  memperbarui kemitraan jangka panjang mereka dengan Konami, yang dimulai pada tahun 2016, selama empat tahun berikutnya pada tahun 2019 menjelang rilis eFootball PES 2020. Ini memungkinkan Konami untuk menampilkan Messi sebagai bintang sampul permainan mereka, serta sebagai hak eksklusif untuk membuat ulang stadion Camp Nou dalam judul eFootball PES-nya.

Sebelumnya, Messi sendiri adalah bintang sampul untuk seri EA Sports FIFA dari FIFA 13 hingga FIFA 16, antara 2012 hingga 2015.

Klub baru Messi, Paris Saint-Germain, juga memiliki kemitraan jangka panjang dengan waralaba video game FIFA saingan EA Sports, kemitraan yang diperbarui untuk lima tahun berikutnya pada 2019.

Kemitraan antara PSG dan EA Sports telah melihat fitur superstar Prancis, Mbappe sebagai bintang sampul untuk dua gelar FIFA terbaru, FIFA 21 dan FIFA 22 mendatang, yang akan dirilis pada 1 Oktober 2021.

Jadi dengan kepindahan Messi ke Paris musim panas ini, bisakah pemain Argentina itu segera menghiasi sampul video game EA Sports FIFA untuk pertama kalinya sejak FIFA 16?

Sebenarnya tidak, menurut Konami.

"Semua perjanjian duta eFootball ditandatangani dengan individu itu sendiri, bukan dengan klub tempat mereka bermain saat itu," kata juru bicara Konami kepada Mirror Football. "Lionel Messi tetap menjadi duta eFootball dan kami berharap dapat melanjutkan hubungan jangka panjang kami."

Menurut Konami,  Terlepas dari kemitraan jangka panjang PSG dan EA, kesepakatan individu Messi dengan Konami berarti bahwa ia akan tetap sebagai duta eFootball untuk sementara waktu.

Cerita yang sama dengan rekan setim baru Messi, Neymar, yang menandatangani perjanjian serupa dengan Konami pada Juli 2021. Akan tetapi dengan klub individu, Konami telah mencuri perhatian di EA Sports dalam beberapa tahun terakhir, terutama dengan klub Serie A.