Twitch Tingkatkan Harga Paket Turbo Usai PHK Karyawan!
Twitch baru saja menaikkan harga layanan bebas iklannya, (foto: dok. twitch)

Bagikan:

JAKARTA - Twitch baru saja menaikkan harga layanan bebas iklannya, Turbo yang mulai berlaku minggu ini secara global.

Perusahaan memperkenalkan Twitch Turbo pada 2013, dan dengan 8,99 dolar AS setara Rp134 ribuan per bulan dan kini menjadi 11,99 dolar AS (Rp179 ribuan) per bulan untuk harga di Amerika Serikat (AS).

Menurut rilis resmi Twitch, harga yang ditawarkan setiap negara berbeda-beda. Misalnya saja di Jepang yang akan dikenakan 1.499,00 yen setara Rp160 ribuan, di Singapura akan ditetapkan 166 ribuan.

Jika negara tidak terdapat dalam daftar baru tersebut, biaya bulanan masih berlaku default ke standar AS yakni 11,99 dolar AS per bulan. Lihat daftarnya di sini.

Semua pengguna Twitch telah diberitahu menyoal perubahan harga ini melalui email mereka, dan mereka harus memilih untuk ikut serta dalam harga baru selama tiga bulan.

“Jika Anda tidak memperbarui dalam tiga bulan ke depan, langganan Turbo Anda akan berhenti diperbarui pada 31 Agustus, meskipun manfaat Anda dapat diperpanjang hingga September tergantung pada tanggal perpanjangan langganan Anda,” tulis Twitch dalam email.

Harga yang terbaru ini memang cukup mahal, tetapi sebanding dengan apa yang akan didapatkan konten kreator. Seperti dapat menghindari iklan pre-roll, iklan mid-clip, dan iklan pendamping dan tampilan tanpa menghambat aliran pendapatan penyiar.

Selain menawarkan pengalaman menonton yang imersif dan bebas iklan, Twitch Turbo juga memberikan beberapa manfaat lainnya untuk penggemar yang beralih ke tingkat Turbo.

Mereka akan mendapatkan lencana obrolan eksklusif yang terlihat seperti ikon baterai dengan logo petir di dalamnya, untuk menunjukkan jika mereka mendukung kreator Twitch favorit mereka.

Sementara kreator, juga dihadiahi satu set emote eksklusif, persis seperti cara mereka mendapatkan emote khusus setelah bergabung dengan klub Twitch Prime.

Fleksibilitas untuk mengubah warna obrolan dan akses prioritas ke dukungan pelanggan juga akan tersedia. Jika kreator dengan langganan Turbo, siaran mereka sebelumnya akan disimpan selama 60 hari.

Namun, pengguna Twitch yang tidak membayar, siaran sebelumnya hanya disimpan selama tujuh hari, sementara anggota program Afiliasi Twitch mendapatkan siaran mereka disimpan selama 14 hari.

Kenaikan harga terjadi setelah Twitch mendapatkan CEO baru dan memangkas pekerjaan di tengah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang lebih luas di Amazon.

Dan tampaknya, Twitch melihat peluang untuk menghasilkan lebih banyak uang dengan membuat paket Turbo lebih mahal. Demikian dikutip dari Slashgear dan The Verge, Jumat, 26 Mei.