Cara Mudah Mendapatkan Uang dengan Monetisasi Konten di Twitch
Cara monetisasi konten di Twitch (foto: Twitch)

Bagikan:

JAKARTA - Ada banyak cara untuk mendapatkan uang di Twitch. Namun, Bits dan Subscriptions atau Langganan merupakan dua cara paling umum yang digunakan pengguna untuk memonetisasi konten di Twitch. 

Langganan

Dengan Langganan, komunitas Twitch akan mendukung Anda secara konsisten dan mendapatkan imbalan berupa keuntungan eksklusif karena melakukan hal tersebut. 

Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan akses ke emote global khusus yang dapat digunakan di seluruh Twitch, lencana pelanggan, penayangan bebas iklan, dan banyak lagi. 

Langganan akan meminta penggemar Anda untuk membayar minimal 4,99 dolar AS (Rp78 ribu) per bulan untuk mendukung saluran Anda, baik secara berulang atau satu kali.

Namun, ada beberapa tingkatan yang tersedia bagi pelanggan yang ingin memberikan tingkat dukungan tambahan dengan menaikkan tarif menjadi 9,99 atau 24,99 dolar AS (Rp157 atau 394 ribu) per bulan. 

Bit

Di sisi lain, Bit adalah barang virtual yang dapat digunakan penggemar Anda untuk bersorak dalam obrolan guna menunjukkan dukungan, merayakan momen, dan memperkuat suara mereka. 

Saat penggemar Cheers, emote Bit gem animasi, Cheermote (versi animasi emote populer), atau Cheermote khusus (untuk Mitra) akan muncul di Obrolan. Dari sana, Anda akan menerima 0,01 dolar AS (Rp157 perak) untuk setiap Bit yang digunakan dalam obrolan. 

Bit juga dapat digunakan dalam ekstensi tertentu untuk laman saluran Anda. Saat audiens Anda menggunakan Bit dalam ekstensi, Anda akan menerima 80 persen dari 0,01 dolar AS untuk setiap Bit yang digunakan dalam ekstensi, dan pengembang ekstensi akan menerima 20 persen sisanya.

Bit juga lebih dapat diandalkan dibandingkan metode donasi pihak ketiga karena sebagai streamer, Anda terlindungi dari tagihan balik atau potensi masalah pembayaran lainnya.