Bagikan:

JAKARTA – Twitch meluncurkan program baru yang akan menguntungkan DJ, penyanyi, dan label rekaman. Melalui program baru ini, streamer yang berperan sebagai DJ bisa menggunakan musik yang memiliki hak cipta.

Program ini diresmikan setelah Twitch bekerja sama dengan beberapa label musik besar seperti Universal Music Group, Warner Music Group, Sony Music, dan ratusan label independen. Kesepakatan dibuat untuk mendukung para DJ di Twitch.

"Kami bangga menjadi layanan besar pertama yang menyediakan rumah yang aman dan berjangka panjang bagi para DJ untuk melakukan live streaming, dan kami sangat gembira kini dapat mempromosikan dan mendukung para pembuat konten," kata Twitch.

Pihak perusahaan mengatakan bahwa program ini dibuat karena jumlah DJ yang melakukan streaming di platformnya terus meningkat. Saat ini, ada puluhan ribu streamer yang memanfaatkan musik dan pertunjukan mereka memerlukan izin dari label rekaman.

Twitch ingin membantu para pembuat konten dalam mencapai potensi mereka dan membagikan hasil pendapatan ke musisi yang musiknya digunakan. Oleh karena itu, Twitch berusaha meresmikan program DJ.

"Dengan Program DJ baru, DJ akan dapat terus berkembang dan terlibat dengan komunitas yang mereka bangun di Twitch dalam kerangka yang mempermudah pemberian kompensasi kepada musisi," jelas Twitch.

Melalui kerja sama dengan berbagai label rekaman, Twitch akan menyisihkan sedikit hasil pendapatan streamer. Biaya yang diberikan akan bervariasi, tetapi Twitch akan membagi biayanya menjadi 50 banding 50 untuk sebagian besar streamer.

"Pada awalnya Twitch akan menanggung lebih banyak biaya. Twitch menanggung biaya untuk DJ yang belum melakukan monetisasi. Streamer yang tidak melakukan monetisasi tidak akan terkena dampak finansial," ungkap Twitch.