Bagikan:

JAKARTA – Pengguna Google Message kini bisa mengirimkan pesan ke 911 melalui Rich Communication Services (RCS). Kemampuan ini dirilis setelah Google bermitra dengan perusahaan teknologi darurat RapidSOS.

Layanan khusus untuk masyarakat di AS ini rencananya akan diluncurkan pada musim dingin yang akan datang, dimulai dari area yang mendukung kemampuan SMS ke 911. Dengan adanya layanan ini, pengguna bisa terhubung ke pusat panggilan darurat AS dengan cepat.

Google menjelaskan bahwa dukungan SMS ke 911 masih terbatas karena pengguna tidak bisa mengirimkan media tambahan seperti gambar atau video. Layanan ini pun hanya tersedia di beberapa lokasi, tepatnya di 53 persen pusat panggilan darurat AS.

Penggunaan layanan RCS akan memberikan tiga manfaat keselamatan, di antaranya adalah mendapatkan konfirmasi balasan dari petugas 911, mengirimkan gambar dan video, serta membagikan lokasi atau tempat kejadian secara akurat.

Google mengatakan bahwa balasan dari petugas merupakan salah satu kelebihan dari layanan ini. "Lihat apakah petugas tanggap darurat secara aktif membalas pesan Anda. Ini menghilangkan ketidakpastian menunggu untuk melihat apakah pesan Anda terkirim."

Sementara itu, layanan RCS ke 911 mendukung pengiriman gambar dan video berkualitas tinggi. Dengan mengirimkan gambaran yang lebih jelas, petugas bisa memberikan respons yang tepat sesuai dengan kondisi orang yang sedang mengalami masalah.

Terakhir, pembagian lokasi di Google Messages bisa dilakukan dengan menggunakan Layanan Lokasi Darurat Android. Fitur ini tidak hanya memberikan lokasi yang cukup akurat, tetapi juga informasi yang lebih detail seperti informasi medis.

"(pembagian informasi) seperti pengaturan bahasa dan keikutsertaan Informasi Medis, sehingga petugas tanggap darurat tahu persis ke mana harus pergi dan bisa mendapatkan detail berguna dari Anda meskipun Anda tidak dapat membalas," jelas Google.