Bagikan:

JAKARTA - Lockheed Martin telah menandatangani perjanjian pembelian dengan Firefly Aerospace untuk hingga 25 peluncuran roket Alpha hingga tahun 2029. Hal ini dikatakan oleh  kontraktor pertahanan AS tersebut pada  Rabu, 5 Juni.

Firefly yang berbasis di Texas memproduksi kendaraan peluncur kecil dan menengah untuk peluncuran komersial ke orbit. Kendaraan peluncur kecilnya, Alpha, akan menerbangkan pesawat ruang angkasa dan muatan Lockheed ke orbit rendah Bumi dari fasilitasnya di pantai barat dan timur, kata Lockheed.

Perusahaan-perusahaan tersebut tidak mengungkapkan detail finansial dari kesepakatan tersebut. Kendaraan peluncur berbiaya lebih rendah ini akan membantu mengurangi risiko untuk misi demonstrasi teknologi yang didanai sendiri oleh Lockheed, tambah perusahaan tersebut.

Laba di divisi luar angkasanya melonjak pada kuartal terakhir, didorong oleh volume peluncuran yang lebih tinggi di United Launch Alliance, usaha patungan mereka dengan pembuat pesawat Boeing. Boeing dan Lockheed menggabungkan program roket mereka pada tahun 2006 dan sedang berusaha menjual usaha patungan tersebut, menurut laporan media.