Bagikan:

JAKARTA – YouTube meluncurkan fitur Volume Stabil pada pertengahan tahun lalu. Fitur baru ini diluncurkan agar variasi suara dari dalam video bisa dikurangi dan volume yang diputar bisa tetap stabil tanpa kendala.

Sesuai namanya, fitur ini akan menyesuaikan volume menggunakan filter normalisasi sehingga suara yang dikeluarkan bisa seimbang. Beberapa pengguna YouTube mungkin menyukai fitur ini, tetapi pengguna lainnya bisa terganggu dengan suara yang dihasilkan.

Volume Stabil dapat merusak kualitas audio, khususnya audio yang dirancang khusus seperti 8D. Jika Anda sudah mendapatkan fitur ini dan merasa terganggu dengan kehadiran fiturnya, Anda bisa mematikan fitur tersebut melalui pengaturan.

Menonaktifkan Volume Stabil di Ponsel

Volume Stabil masih diluncurkan secara bertahap dan sudah tersedia di versi web maupun aplikasi YouTube. Jika Anda pengguna aplikasi YouTube di perangkat Android ataupun iOS, berikut cara mematikannya dikutip dari Makeuseof.

1. Putar video tanpa latar belakang musik di YouTube.

2. Ketuk layar untuk melihat kontrol video, lalu klik tombol Pengaturan di pojok kanan atas.

3. Klik Pengaturan Tambahan saat pop-up Pengaturan muncul.

4. Matikan Volume Stabil dengan mengeklik toggle button-nya.

Menonaktifkan Volume Stabil di Web

Jika Anda menggunakan YouTube melalui browser, Anda juga bisa menonaktifkan fitur Volume Stabil, hanya saja caranya sedikit berbeda. Berikut ini cara menonaktifkan fitur suara stabil di YouTube versi web.

1. Gerakan kursor ke layar hingga kontrol pemutaran muncul.

2. Klik ikon Pengaturan di bagian bawah layar.

3. Saat pop-up Pengaturan muncul, klik Volume Stabil di bagian teratas.