Bagikan:

JAKARTA – Setelah diluncurkan di aplikasi seluler, fitur volume stabil kini telah ditambahkan ke aplikasi YouTube yang ada di Android TV dan Google TV. Fitur ini akan berjalan di aplikasi YouTube dengan versi 4.40.303.

Volume stabil merupakan fitur yang dibuat untuk menyeimbangkan suara di bagian yang senyap dan keras di seluruh video YouTube. Fitur ini akan bekerja secara otomatis sehingga pengguna tidak perlu mengecilkan atau menaikkan suara video berulang kali.

Dengan diluncurkannya fitur ini, pengalaman mendengarkan audio dari video akan berjalan secara konsisten saat menonton apa pun. Biasanya, kesenjangan audio terjadi saat pengguna sedang menonton trailer atau film pendek horor dan thriller di YouTube.

Di halaman Bantuan YouTube, Google menjelaskan bahwa fitur ini akan diaktifkan secara default setelah diluncurkan. Pengguna tidak perlu lagi membuka pengaturan dan mencari menunya hanya untuk mendapatkan pengalaman menonton yang lebih baik.

Namun, beberapa pengguna mungkin tidak suka dengan adanya fitur ini. Volume stabil mungkin kurang berguna saat pengguna memutar video klip atau video biasa yang menggunakan campuran audio secara sengaja.

Jika Anda salah satu yang terganggu dengan adanya volume stabil, fitur ini bisa dinonaktifkan dengan mudah. Pengguna hanya perlu membuka pengaturan aplikasi, lalu menghilangkan tanda ceklis di samping menu volume stabil.

Perlu diingat bahwa fitur ini masih diluncurkan secara bertahap hingga beberapa waktu ke depan. Jika Anda sudah memperbarui aplikasinya dan belum melihat fiturnya, Anda harus menunggu hingga rilis pembaruannya selesai dilakukan.