Bagikan:

JAKARTA  - ByteDance dari China sedang bekerja sama dengan desainer chip asal AS, Broadcom, untuk mengembangkan prosesor AI canggih, menurut dua sumber yang akrab dengan masalah ini. Langkah ini akan membantu pemilik TikTok itu mengamankan pasokan chip kelas atas yang cukup di tengah ketegangan AS-China.

Chip 5 nanometer - produk kustom yang dikenal sebagai application-specific integrated chip (ASIC) - akan mematuhi pembatasan ekspor AS dan pekerjaan manufaktur akan dialihdayakan ke TSMC Taiwan, tambah sumber tersebut.

Tidak ada pengumuman publik tentang kolaborasi pengembangan chip antara perusahaan China dan AS yang melibatkan teknologi 5nm atau lebih canggih sejak Washington memperkenalkan kontrol ekspor untuk semikonduktor canggih pada tahun 2022. Kesepakatan AS-China di sektor ini umumnya melibatkan teknologi yang jauh kurang canggih.

Kerja sama ByteDance dengan Broadcom, mitra bisnis yang sudah ada, akan membantu mengurangi biaya pengadaan dan memastikan pasokan chip kelas atas yang stabil, kata sumber yang menolak diidentifikasi karena sensitivitas masalah semikonduktor di China.

Namun, TSMC belum memulai produksi chip baru ini tahun ini, kata mereka. Salah satu dari sumber mengatakan sementara pekerjaan desain sedang berlangsung dengan baik, "tapeout" - yang menandai akhir fase desain dan awal manufaktur - belum dimulai.

ByteDance dan Broadcom tidak menanggapi permintaan komentar berulang kali dari media. TSMC juga menolak berkomentar.

Seperti banyak perusahaan teknologi global, ByteDance telah meluncurkan dorongan besar dalam kecerdasan buatan generatif tetapi perusahaan dan rekan-rekannya di China harus menghadapi pasokan chip AI yang jauh lebih terbatas dibandingkan dengan rekan-rekan luar negeri mereka.

Chipset paling canggih dari Nvidia   tidak dapat dijangkau karena kontrol ekspor AS yang bertujuan untuk menghalangi terobosan dalam AI dan superkomputer oleh militer China. Persaingan untuk chip AS yang dikembangkan khusus untuk pasar China serta dari saingan Huawei, salah satu dari sedikit pembuat akselerator AI di China, sangat ketat.

ByteDance dan Broadcom telah menjadi mitra bisnis setidaknya sejak 2022. Perusahaan China ini telah membeli chip switch Tomahawk 5nm berperforma tinggi dari perusahaan AS serta switch Bailly untuk klaster komputer AI, kata Broadcom dalam pernyataan publik.

Mengamankan chip AI sangat penting bagi ByteDance untuk membuat algoritmanya lebih kuat. Selain TikTok dan versi China dari aplikasi video pendek yang disebut Douyin, ByteDance mengoperasikan berbagai aplikasi populer termasuk layanan chatbot mirip ChatGPT yang disebut Doubao, yang memiliki 26 juta pengguna.

Untuk mendukung dorongan AI-nya, ByteDance telah menimbun chip Nvidia, menurut sumber terpisah yang mengetahui masalah ini.

Ini termasuk chip A100 dan H100 yang tersedia sebelum sanksi AS pertama kali diterapkan serta chip A800 dan H800 yang dibuat Nvidia untuk pasar China tetapi kemudian juga dibatasi, kata sumber tersebut, yang menambahkan bahwa ByteDance mengalokasikan  2 miliar dolar AS (Rp33 triliun) untuk pembelian chip Nvidia tahun lalu.

ByteDance juga membeli chip Ascend 910B dari Huawei tahun lalu, menurut dua sumber terpisah yang mengetahui masalah ini.

ByteDance saat ini memiliki ratusan lowongan pekerjaan terkait semikonduktor yang diposting, termasuk 15 untuk desainer chip ASIC, menurut pengecekan situs webnya.

Perusahaan ini juga merekrut orang-orang top dari perusahaan chip AI China lainnya, menurut salah satu sumber yang memiliki pengetahuan langsung tentang masalah ini.