Bagikan:

JAKARTA – Google Search merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan untuk saat ini. Banyak hal yang bisa Anda cari di penelusuran Google, mulai dari informasi kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

Dengan banyaknya hal yang bisa dicari di mesin pencari Google, Anda mungkin pernah mencari hal yang memalukan dan tak ingin diketahui oleh orang lain. Namun, perlu Anda ingat bahwa seluruh aktivitas Anda disimpan oleh Google.

Meski terekam dan disimpan, Anda masih bisa menghapus riwayat penelusuran di mesin pencari Google melalui ponsel Android atau laptop. Berikut ini cara menghapus riwayat pencarian Google, dikutip dari Android Police.

Hapus Riwayat Pencarian dari Ponsel Android

Menghapus riwayat pencarian di Google Search tidak sulit selama Anda tahu di mana menunya berada. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghapus riwayatnya melalui ponsel Anda.

  1. Buka aplikasi Google.
  2. Ketuk gambar profil di sudut kanan atas.
  3. Ketuk Riwayat Pencarian.
  4. Jika diminta untuk verifikasi, ketuk ikon Verifikasi berwarna biru setelah melakukan proses verifikasi yang dibutuhkan.
  5. Klik Lanjutkan dan lakukan autentikasi biometrik atau masukan pola kunci layar.
  6. Setelah riwayat pencarian muncul, ketuk tanda silang untuk menghapus satu per satu riwayatnya.
  7. Untuk menghapus seluruh riwayat, ketuk menu drop-down Hapus dan pilih opsi yang tersedia.

Hapus Riwayat Pencarian dari Laptop Windows

Berbeda dengan ponsel, Anda bisa menghapus aktivitas penelusuran Google melalui aplikasi Chrome. Lakukan langkah-langkah ini untuk menghapus riwayat pencarian melalui browser.

  1. Buka Aktivitas Google Saya di Chrome.
  2. Untuk mempersempit aktivitas yang terekam, klik Filter Berdasarkan Tanggal dan Produk di samping menu drop-down Hapus.
  3. Pilih Search dan klik tombol Terapkan.
  4. Hapus riwayatnya dengan menekan tombol silang atau memilih salah satu opsi di dalam menu drop-down Hapus.