Mode Picture-in-Picture Segera Bisa Digunakan untuk Pengguna YouTube TV di iOS
Youtube akhirnya menghadirkan mode picture-in-picture (PiP) untuk YouTube TV di iOS. (foto: dok. youtube)

Bagikan:

JAKARTA - Youtube akhirnya menghadirkan mode picture-in-picture (PiP) untuk YouTube TV di iOS. Fitur, ini telah ada lebih dahulu di Android. Pengguna yang ingin menjajalnya harus meningkatkan ke iOS 15 atau yang lebih baru.

Pertama kali diumumkan di akun resmi Twitter-nya @YoutubeTV, fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk terus menonton acara di jendela yang lebih kecil sambil melakukan hal lain di perangkat mereka.

Melansir GSM Arena, Jumat, 1 April, untuk mengaktifkan mode PiP, pengguna harus benar-benar menonton video terlebih dahulu di perangkat iPhone atau iPad mereka, lalu beralih ke aplikasi lain, atau geser ke atas untuk membuka layar beranda.

Video yang aktif akan menyusut ke sudut perangkat, dan pengguna kemudian dapat menyeretnya ke sudut lain yang diinginkan.

Untuk menggunakan YouTube TV, pengguna perlu berlangganan 65 dolar AS atau setara Rp933 ribu per bulan dan dilengkapi dengan kemampuan untuk memiliki setengah lusin profil kedua yang dilampirkan ke langganan, masing-masing dengan kemampuan untuk merekam sebanyak mungkin acara dan film yang mereka inginkan.

Layanan streaming berlangganan milik Google itu tersedia di setiap platform streaming utama, termasuk Roku dan Amazon Fire TV, yang merupakan dua platform terbesar di dunia. Ini juga tersedia di Google TV dan Android TV, Apple TV, berbagai platform TV pintar, dan di browser web.

Sejatinya, fitur PiP telah lama diminta oleh pengguna iOS dan telah ditambahkan ke aplikasi YouTube pada Juni 2021. Sayangnya, fitur tersebut saat ini hadir hanya untuk pelanggan YouTube Premium (baik di Android dan iOS).

Kepala produk YouTube Neal Mohan mengatakan, pada Februari lalu bahwa fitur itu akan segera datang ke YouTube TV dan hanya memerlukan waktu satu setengah bulan saja.

YouTube TV diklaim sebagai layanan streaming TV langsung terbesar kedua di Amerika Serikat (AS). Terakhir dilaporkan memiliki lebih dari 3 juta pelanggan pada Oktober 2020, tetapi belum memberikan pembaruan sejak itu.

Dia bersaing dengan Hulu With Live TV, yang terakhir melaporkan memiliki 4,1 juta pelanggan berbayar, dan Sling TV memiliki 2,486 juta pelanggan pada hitungan terakhir.