Bagikan:

JAKARTA - YouTube sepertinya sedang menguji fitur baru, di mana pengguna bisa mengunci layar mereka selama menonton video di platform.

Disebut Lock Screen atau Layar Kunci, fitur yang baru dikembangkan ini bisa dijajal oleh pengguna YouTube Premium yang terpilih sebagai undangan.

Fitur Layar Kunci bisa diaktifkan pengguna saat menonton video dalam mode layar penuh. Menurut YouTube, fitur tersebut menonaktifkan input sentuh saat menonton video.

"Layar Kunci menonaktifkan input sentuh saat menonton video sehingga ketukan yang tidak disengaja tidak menjeda, melewati, atau mengganggu video," ujar YouTube di halaman eksperimennya.

Dengan cara ini, pengguna YouTube Premium tidak perlu khawatir tentang menjeda, mempercepat atau mengganggu video dengan cara lain.

Pengguna dengan perangkat Android dan iOS bisa mencobanya hingga 30 Juli. Notifikasi undangan akan langsung hadir dengan label 'Coba fitur baru' dan muncul di bagian atas halaman beranda aplikasi.

Jika tidak, pengguna dapat mendaftar dengan mengetuk foto profil di pojok kanan atas, buka manfaat Premium, klik Coba fitur baru. Selanjutnya, di bawah opsi Hindari ketukan yang tidak disengaja dengan Layar Kunci, ketuk tombol Coba.

Untuk menggunakan fitur tersebut, ketuk ikon roda gigi di pojok kiri atas saat memutar video dalam mode layar penuh, lalu pilih Layar Kunci, seperti dikutip dari Android Authority, Jumat, 7 Juli.

Selain itu, pengguna juga dapat mengirimkan masukan ke YouTube berdasarkan pengalaman dengan fitur eksperimental tersebut. Fitur Layar Kunci juga sudah lebih dahulu hadir di layanan streaming, seperti Netflix.

Belum lama ini, YouTube juga dilaporkan sedang menguji kebijakan baru untuk pengguna yang mengaktifkan pemblokir iklan secara global.