Bagikan:

JAKARTA - Raksasa pencarian Google menghadirkan lebih banyak dukungan Rich Communication Services (RCS) untuk Messages dan juga menghadirkan serangkaian fitur baru yang pasti akan berguna bagi pengguna.

Penambahan fitur yang paling menonjol adalah kemampuan untuk membalas pesan individual. Fitur ini mirip ketika menggunakan gerakan menggeser untuk menanggapi pesan di WhatsApp atau DM Instagram.

Pengguna juga dapat menekan lama pada pesan untuk membuka menu kontekstual dengan opsi balasan yang perlu diketuk.

Ini juga akan meminta pengguna untuk pesan favorit yang berisi informasi penting seperti alamat, kode, dan nomor telepon.

YouTube juga sekarang akan terintegrasi dengan lebih baik, memungkinkan pengguna untuk menonton video dalam jendela obrolan setiap kali tautan ke layanan dikirim.

Melansir Digital Trends, Jumat, 21 Oktober, fitur integrasi akan membuat pengguna bisa tetap mengobrol dan menghindari berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Fitur baru Messages juga akan mengenali frasa yang meminta bentuk komunikasi lain dan akan menyarankan untuk menyiapkan panggilan video melalui Google Meet.

Google juga menambahkan beberapa trik kecerdasan mesin ke aplikasi Messages. Sama seperti Gmail, aplikasi akan secara otomatis mendeteksi konteks sensitif waktu dalam percakapan dan secara otomatis akan menyarankan pengingat dan tindakan penjadwalan kalender untuk itu.

Kemudian, jika pengguna telah menyimpan informasi ulang tahun seseorang di kartu kontak.

Selain itu, beberapa negara akan mendapatkan fitur eksperimental, yang memungkinkan komunikasi instan dengan bisnis melalui Messages saat perusahaan ditemukan menggunakan Google Search atau Maps.

Tentu saja, pengguna dapat menggunakan lebih dari sekadar ponsel untuk berkomunikasi, karena Message kompatibel dengan browser web, Chrome, Chromebook, dan bahkan Pixel Watch yang baru dirilis.

Raksasa mesin pencari itu juga telah bermitra dengan United Airlines untuk menawarkan pengiriman pesan gratis di penerbangan United selama penguna mengaktifkan RCS. Layanan ini akan tersedia untuk sebagian besar operator.