Google Uji Coba Fitur Kirim Foto Lebih Cepat di Messages, Tapi Resolusi Harus Dikurangi
Google diklaim sedang mengerjakan fitur yang dapat mengirim gambar lebih cepat di aplikasi Messages. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google diklaim sedang mengerjakan fitur yang dapat mengirim gambar lebih cepat di aplikasi Messages, tetapi dengan resolusi rendah.

Fitur tersebut belum diluncurkan untuk semua orang tetapi tampaknya hanya ditawarkan kepada sekelompok kecil penguji. Sesuai deskripsi opsi "Kirim Foto Lebih Cepat" tetapi "Resolusi dikurangi untuk pengiriman lebih cepat".

Artinya, sama seperti aplikasi perpesanan lainnya, Google Messages akan menurunkan kualitas gambar untuk mengirimkannya lebih cepat melalui Rich Communication Services (RCS).

RCS merupakan iMessage versi Google yang memungkinkan dua pengguna Android menjalankan platform perpesanan untuk berbagi pesan dengan batas karakter lebih besar dan enkripsi end-to-end.

Lebih lanjut, fitur baru itu juga dapat berguna bagi mereka yang memiliki paket data terbatas, atau di area dengan layanan rendah (kerumunan besar) di mana pengiriman file besar tidak memungkinkan.

Sebab, RCS berfungsi dengan terlebih dahulu mengunggah gambar ke cloud, seperti layanan pencadangan. Namun, Google belum membagikan detail apa pun tentang ukuran maksimum lampiran yang dapat dikirim melalui Google Messages RCS.

Fitur ini diaktifkan secara default, seperti yang dilaporkan oleh beberapa pengguna yang melihat fitur baru ini di aplikasi Google Messages mereka.

Opsi baru akan muncul di menu Pengaturan antara opsi Bubbles dan Hear Outgoing And Incoming Message Sounds. Untuk mencobanya, buka aplikasi, klik gambar profil di kanan atas, dan ketuk menu Pengaturan.

Jika opsi tersedia, maka fitur akan menjadi item kelima dari atas. Pastikan telah menjalankan aplikasi versi terbaru. Demikian dikutip dari Phone Arena, Rabu, 12 April.