Terlalu Banyak Permintaan, Toko NFT Reddit Alami Gangguan
Toko NFT Reddit sempat crash karena meningkatnya permintaan konsumen. (Foto; Dok. Reddit)

Bagikan:

JAKARTA - Reddit, platform yang terkenal sebagai forum diskusi daring dengan banyak pengguna, meluncurkan Generasi 3 dari koleksi Avatars digitalnya, yang merupakan token digital unik berbasis blockchain Polygon, pada tanggal 11 April.

Namun, toko NFT di Reddit mengalami gangguan dan mengalami pemadaman sementara karena tingginya volume pengunjung dan transaksi yang dilakukan oleh bot, program komputer otomatis. Salah satu proyek, Pastel Alpha, bahkan mengakui telah membeli "sejumlah besar" item melalui penggunaan bot.

Gangguan tersebut menyebabkan kritik dari komunitas Reddit, yang menyalahkan platform ini karena tidak menerapkan CAPTCHA atau sistem keamanan lainnya untuk mengurangi pembelian yang dilakukan oleh bot. Beberapa pengguna mengusulkan agar Reddit menyelenggarakan penawaran masa depan melalui pasar NFT yang telah teruji, seperti OpenSea.

Hingga berita ini ditulis, Reddit belum mengumumkan resolusi penuh untuk gangguan di toko NFT-nya, dan belum secara jelas mengakui bahwa pembelian oleh bot menjadi penyebab terjadinya lonjakan permintaan yang mengakibatkan pemadaman toko.

Pada pukul 8:47 malam waktu koordinat universal (UTC), Reddit menyatakan bahwa mereka akan mengembalikan fungsi toko bagi pengguna perangkat iOS dan Android. Namun, pembelian atau pengambilan NFT melalui peramban web masih menghasilkan pesan error.

Terkait hal ini, sebelumnya pada bulan Juli 2022, Reddit telah meluncurkan koleksi Avatars digital pertamanya. Setiap seri koleksi ini menampilkan desain dari lebih dari 100 seniman yang bekerja atas komisi dari Reddit seperti yang dilaporkan CryptoSlate.

Data terbaru juga menunjukkan bahwa pada bulan Februari lalu, kapitalisasi pasar koleksi Avatars Reddit mencapai angka 35 juta dolar AS (Rp520 miliar). Namun, per tanggal 11 April, kapitalisasi pasar koleksi tersebut turun menjadi 27 juta dolar AS (Rp401 miliar).

Selain itu, Reddit juga telah melakukan eksplorasi dalam dunia cryptocurrency. Platform ini memfasilitasi poin komunitas pada lapisan blockchain Arbitrum Nova, dan beberapa subreddit, seperti /r/cryptocurrency dan /r/fortnite, bahkan memiliki token cryptocurrency sendiri yang didedikasikan untuk komunitasnya.

Pendiri Reddit, Alexis Ohanian, juga terlibat dalam dunia cryptocurrency melalui perusahaannya yang bergerak dalam modal ventura, 776 Management, yang telah melakukan investasi besar dalam teknologi blockchain dan konsep web3.