Pengguna Reddit Kini Bisa Beli Ethereum Lewat FTX
Pengguna Reddit kini bisa beli Ethereum. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Reddit kini memungkinkan para penggunanya membeli cryptocurrency Ethereum di platform melalui integrasi dengan FTX, pertukaran crypto yang dimiliki oleh miliarder Sam Bankman-Fried.

Dalam siaran persnya, FTX mengumumkan bahwa pengguna Reddit kini dapat menggunakan sistem pembayaran perusahaan, FTX Pay, saat mengelola poin komunitas berbasis blockchain mereka.

Reddit pertama kali meluncurkan poin komunitas pada tahun 2020 sebagai cara untuk menghargai pengguna karena berinteraksi dengan komunitas. Poin-poin ini ada di blockchain Ethereum dan disimpan di “Vault,” dompet berbasis blockchain pengguna yang juga menyimpan avatar NFT (non-fungible token) yang dapat dikoleksi dan telah  diperkenalkan Reddit bulan lalu.

Reddit menampilkan poin komunitas pengguna di sebelah nama pengguna mereka sebagai ukuran reputasi mereka. Namun mereka  juga menawarkan berbagai cara untuk menggunakannya. Misalnya, seperti untuk mendapatkan keanggotaan khusus komunitas, memberikan keputusan suara, memberi penghargaan kepada pembuat di platform, serta mengirim tip .

Hanya pengguna di dua subreddit, r/Cryptocurrency dan r/ForniteBR yang dapat menggunakan poin komunitas saat ini, tetapi Reddit berencana untuk memperluasnya ke komunitas lain di masa mendatang.

Tetapi karena poin komunitas hidup di blockchain Ethereum, pengguna akan dikenakan biaya gas, atau biaya yang terkait dengan melakukan transaksi di blockchain Ethereum, saat menggunakan poin.

Seperti yang ditunjukkan oleh Fortune, ini berarti membayar biaya dalam Ethereum, yang mungkin tidak dimiliki beberapa pengguna, atau mungkin tidak tahu bagaimana cara mendapatkannya.

Kemitraan Reddit dengan FTX akan memungkinkan pengguna mengonversi mata uang fiat (mata uang nasional suatu negara, seperti USD) ke Ethereum untuk menutupi biaya tersebut, yang seharusnya membuat poin komunitas lebih mudah diakses oleh orang-orang yang mungkin tidak tahu banyak tentang kripto.

“Pengguna membutuhkan Eth untuk biaya gas untuk bertransaksi dengan Poin mereka secara on-chain, dan FTX Pay memungkinkan mereka untuk melakukan itu,” kata Amy Wu, kepala FTX Ventures, dalam sebuah cuitannya.

“Reddit adalah pelopor dalam memanfaatkan kekuatan blockchain untuk memberdayakan komunitas online untuk memiliki dan mengendalikan komunitas mereka. Kami senang mendukung mereka dan penggunanya dalam perjalanan ini!” tambahnya.

Selain mempermudah pembelian Ethereum di platform, integrasi Reddit FTX juga dapat mewakili pertaruhan Bankman-Fried pada umur panjang fenomena stok meme yang berasal dari Reddit. Tahun lalu, aktivitas di subreddit, seperti r/WallStreetBets, membantu untuk mendorong saham GameStop ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pada bulan Mei, Bankman-Fried mengungkapkan 7,6 persen saham di Robinhood, platform perdagangan gratis yang populer di kalangan investor muda, dan rumor mengatakan bahwa dia mungkin mempertimbangkan untuk mengakuisisi perusahaan. FTX juga membawa perdagangan saham tradisional ke semua pengguna di AS bulan lalu.