Resesi Ekonomi Turunkan Pendapatan Iklan Banyak Perusahaan Digital, Hanya Apple dan TikTok yang Tumbuh
Tahun ini, pertumbuhan pendapatan iklan global paling lambat dalam sejarah sektor media sosial. (foto: dok. Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Wall Street bersiap untuk menghadapi pertumbuhan pendapatan iklan global paling lambat dalam sejarah sektor media sosial. Ini disebabkan  persaingan yang semakin ketat dari TikTok dan Apple dalam periklanan yang mengancam untuk menambah kesengsaraan ekonomi pada kuartal kedua.

Harapan suram muncul setelah ledakan pada 2021, ketika penjualan iklan media sosial di Amerika Serikat tumbuh 36% mencapai  58 miliar dolar AS (Rp870 triliun) karena banyak brand  meningkatkan anggaran pemasaran untuk pulih dari pandemi dan menjangkau pelanggan secara online.

Akan tetapi platform media sosial sejak itu memperingatkan investor dan karyawan bahwa gelombang sedang berubah ketika inflasi bertahan dan menjadi tertinggi dalam 40 tahun terakhir, ini membuat brand kini lebih mengetatkan bujet iklan.

Kepala Eksekutif Meta Platform Mark Zuckerberg mengatakan kepada karyawan bulan lalu bahwa perusahaan memangkas rencana perekrutan dan bahwa "ini mungkin salah satu penurunan terburuk yang pernah dilihat dalam sejarah baru-baru ini."

Snap Inc, yang memiliki Snapchat dan akan melaporkan pendapatan, sebelumnya mengatakan pihaknya memperkirakan akan melewatkan perkiraan pendapatan kuartalannya sendiri karena kondisi ekonomi yang memburuk.

Penjualan iklan media sosial global sekarang diperkirakan tumbuh sebesar 11%, laju paling lambat dalam catatan sejarah mereka, menurut perusahaan intelijen media MAGNA, yang menurunkan perkiraan pertumbuhan iklan dari 18%.

Analis memperkirakan beberapa tingkat pertumbuhan melambat setelah 2021. Namun, meningkatnya persaingan dari aplikasi video pendek viral TikTok dan Apple telah menciptakan "badai sempurna" dan "investor berhak waspada" tentang pertumbuhan iklan digital tahun ini, tulis analis Barclays di catatan penelitian bulan ini.

Dilaporkan oleh Reuters, Apple telah mengubah industri iklan digital ketika memperkenalkan kontrol privasi iPhone baru tahun lalu yang merugikan kemampuan perusahaan seperti Meta dan Snap untuk menargetkan dan mengukur iklan di aplikasi mereka.

Bisnis periklanan Apple sendiri, yang sebagian besar terdiri dari pengembang yang membayar untuk mempromosikan aplikasi mereka di App Store, diperkirakan akan tumbuh 36% tahun ini menjadi 6,9 miliar dolar AS, tulis Barclays. Mereka  menambahkan bahwa Apple dan TikTok bersama-sama akan mengambil 34% dari setiap dolar iklan baru, yang dibelanjakan di luar China tahun ini.

Lior Eldan, chief operating officer agen pemasaran aplikasi seluler Moburst, yang telah bekerja dengan merek seperti Uber dan Reddit, mengatakan klien sekarang menghabiskan sekitar dua hingga tiga kali lebih banyak untuk iklan Apple, sebagian karena efektivitas iklan di platform lain telah meningkat, terdegradasi oleh perubahan privasi Apple.

"Kami telah melihat peningkatan dramatis dalam anggaran pada iklan pencarian Apple menyusul perubahan privasi," kata Eldan seperti dikutip Reuters.

Menurut Barclays , meskipun masih jauh lebih kecil daripada raksasa seperti Facebook dan YouTube, TikTok siap untuk tumbuh lebih dari 200% menjadi bisnis senilai  12 miliar dolar AS.

“TikTok tetap penting bagi banyak strategi periklanan klien,” kata Yvonne Williams, wakil presiden media di agensi iklan Code3, yang telah bekerja dengan merek seperti Gap dan Dior.

Google Alphabet, yang melaporkan pendapatan kuartal kedua pada  Selasa lalu, adalah perusahaan yang paling mungkin terlindung dari efek negatif. Menurut analis dari RBC Capital Markets, pasalnya  Google Search adalah "misi penting" bagi banyak pengiklan.

“Meta, Snap, dan Pinterest lebih terbuka terhadap perubahan privasi Apple dan persaingan dari TikTok,” tambah Barclays.