Pengiklan Tetap Menggelontorkan Dana ke TikTok Meski Terancam Diblokir di AS
TikTok akan mengumumkan format iklan baru. (foto: twitter @tiktok_us)

Bagikan:

JAKARTA - Para pengiklan berkomitmen untuk terus mengeluarkan anggaran iklan di TikTok meskipun adanya ancaman pelarangan di Amerika Serikat karena alasan keamanan nasional. Pernyataan itu muncul dari para pengamat periklanan.

Keengganan ini muncul ketika TikTok, yang dimiliki oleh perusahaan teknologi China, ByteDance, sedang berjuang untuk mencegah pelarangan di Amerika Serikat setelah para anggota parlemen memperkenalkan sebuah RUU yang memberikan kekuasaan pada pemerintahan Presiden AS Joe Biden untuk melarang aplikasi yang menimbulkan risiko keamanan. Aplikasi video pendek tersebut sudah dilarang dari ponsel pemerintah di beberapa negara.

TikTok menyelenggarakan presentasi untuk pengiklan pada Kamis 4 Mei malam di New York sebagai bagian dari NewFronts, sebuah acara tahunan di mana platform media sosial dan video streaming mengungkapkan konten dan fitur baru untuk pemasar.

Meskipun adanya kekhawatiran tentang kepemilikan China, bisnis iklan TikTok diperkirakan akan tumbuh 36% menjadi 6,83 miliar dolar AS (Rp100,4 triliun)  tahun ini, menurut perusahaan riset Insider Intelligence.

Ryan Detert, CEO Influential, sebuah perusahaan pemasaran influencer, mengatakan bahwa klien perusahaannya "tidak ada yang mengatakan 'jangan keluarkan uang untuk TikTok,'" katanya.

"Dalam hal ini, kami tidak melihat adanya kontaminasi," tambah Detert, dikutip Reuters. Influential telah bekerja dengan merek seperti Pepsi dan NFL.

Dua pembeli media dari dua agensi iklan besar yang berbeda mengatakan kepada Reuters bahwa pengawasan Washington atas aplikasi tersebut belum memengaruhi rencana klien mereka di TikTok. Kedua pembeli berbicara dengan syarat anonimitas untuk membahas hubungan dengan TikTok.

Pada presentasinya pada Kamis, TikTok akan mengumumkan format iklan baru yang memungkinkan merek menempatkan iklan di sebelah konten dari penerbit seperti BuzzFeed, Dotdash Meredith, dan NBCUniversal, serta memberikan 50% dari pendapatan iklan kepada penerbit tersebut.

"TikTok tidak tergantikan kecuali dan sampai (pengiklan) harus menggantikannya," kata Mark DiMassimo, pendiri agensi kreatif DiMassimo Goldstein, yang telah bekerja dengan merek seperti Hello Fresh dan Samsung.

Namun, beberapa pembeli media mengakui bahwa ancaman pelarangan di Amerika Serikat akan menjadi "gajah dalam ruangan" selama presentasi pengiklan.

Pada Selasa, 2 Mei, TikTok mengumumkan kepala kepercayaan dan keamanan AS akan meninggalkan perusahaan tersebut minggu depan, meninggalkan aplikasi tersebut tanpa seorang eksekutif kunci yang mengawasi moderasi konten dan pengembangan alat keamanan untuk divisi yang menampung data pengguna AS.

"Ada banyak ketidakpastian yang dikombinasikan dengan ketidakpastian secara umum tentang situasi ekonomi," kata Stephani Estes, kepala petugas media di agensi pemasaran digital Goodway Group. "Anda harus mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang ada."

TikTok mengatakan bahwa mereka sedang menangani keprihatinan pengiklan "secara langsung dalam dialog terbuka, berbasis fakta, dan berkelanjutan.