Meta Siapkan Tim untuk Uji Fitur Berbayar di Facebook, Instagram dan Whatsapp
Meta siapkan tim untuk uji fitur berbayar. (foto: ary julianto/voi)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah memo internal mengungkapkan jika Meta Platform Inc., sedang menyiapkan sebuah tim untuk menguji fitur berbayar baru untuk keluarga aplikasi populernya, seperti Instagram, Facebook dan Whatsapp. Ini dilakukan setelah mereka melihat bisnis periklanannya sangat terpengaruh oleh perubahan pelacakan iklan dari Apple.

Keputusan itu muncul saat perusahaan yang berbasis di California itu menghadapi berbagai tantangan, terutama karena pendapatan iklan mereka yang jauh menurun tahun ini.

Facebook pada bulan Juli melaporkan penurunan pendapatan tahunan pertamanya untuk kuartal kedua. Mereka mengumumkan adanya penurunan 1 persen menjadi 28,8 miliar dolar AS (Rp 428 triliun). Bahkan jejaring sosial tersebut mengatakan pertumbuhan ini bisa turun lebih jauh pada kuartal berikutnya. Laba bersih mereka anjlok 36 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, menjadi 6,7 miliar dolar AS (Rp 99,7 triliun).

Fitur 'Minta aplikasi untuk tidak melacak' baru dari Apple yang diterapkan pada iPhone dilaporkan telah merugikan Meta 10 miliar dolar AS (Rp 148,8 triliun) dalam pendapatan iklan mereka tahun lalu. Selama pengumuman pendapatan terbaru, Facebook juga memproyeksikan bahwa pendapatan kuartal ketiga turun lebih jauh, menjadi antara 26 miliar dan 28,5 miliar dolar AS. Bahkan mengatakan bahwa 'kelanjutan dari permintaan iklan yang lemah' akan membebani penjualan.

Facebook melaporkan penurunan kuartalan pertama dalam pengguna harian tahun ini dan telah berusaha meyakinkan investor bahwa ia dapat bersaing dengan TikTok.

“Saya pikir kami memang melihat peluang untuk membangun jenis produk, fitur, dan pengalaman baru di mana orang-orang akan bersedia membayar dan bersemangat untuk membayarnya,” kata VP monetisasi Meta yang mengawasi grup, John Hegeman, kepada The Verge.

Hegeman tampaknya meremehkan fitur berbayar menjadi bagian yang berarti dari bisnis dalam waktu dekat, tetapi mengatakan bahwa 'di sisi lain, saya pikir jika ada peluang untuk menciptakan nilai baru dan jalur pendapatan yang berarti dan juga memberikan beberapa diversifikasi, itu jelas akan menjadi sesuatu yang menarik.'

Grup tersebut, yang disebut Pengalaman Monetisasi Baru, akan dipimpin oleh Pratiti Raychoudhury, yang sebelumnya adalah kepala penelitian Meta.

Saat ini, WhatsApp menagih akun bisnis tertentu untuk hak mengirim pesan kepada pelanggan mereka dan administrator grup Facebook diizinkan untuk membebankan biaya untuk akses ke beberapa konten. Tetapi sebagian besar dari miliaran orang yang menggunakan Facebook, Instagram, dan WhatsApp memiliki akses gratis.

“Dalam jangka panjang, kami melihat fitur berbayar menjadi bagian yang lebih berarti dari bisnisnya,” kata Hegeman. “Pada cakrawala waktu lima tahun saya pikir itu benar-benar dapat menggerakkan jarum dan membuat perbedaan yang cukup signifikan.”

Meski begitu, perusahaan ini jelas sedang berjuang karena menghadapi tantangan dari dorongan privasi Apple, meningkatnya persaingan dengan TikTok yang selalu populer dan perlambatan iklan yang luas.

"Kami tampaknya telah memasuki penurunan ekonomi yang akan berdampak luas pada bisnis periklanan digital," kata Zuckerberg. “Kami memperlambat laju investasi [kami] dan mendorong beberapa pengeluaran yang akan datang dalam satu atau dua tahun ke depan ke jadwal yang agak lebih lama.”

Salah satu pengeluaran itu tampaknya adalah perekrutan dan penempatan staf, ketika Zuckerberg mengatakan dia ingin membiarkan para pemimpin internal memilih bagaimana mereka merestrukturisasi tim mereka.

“Saya ingin memberi para pemimpin kami kemampuan untuk memutuskan di dalam tim mereka di mana harus menggandakan, di mana harus mengisi ulang gesekan, dan di mana harus merestrukturisasi tim sambil meminimalkan dampak pada inisiatif jangka panjang,” tambahnya.

Zuckerberg terus menggembar-gemborkan rencana perusahaan untuk metaverse, meskipun dikecam secara online karena avatar yang baru-baru ini dia bagikan yang tampak menyeramkan.

Meta juga memiliki serangkaian headset augmented reality dan virtual reality baru yang sedang dikembangkan sebagai bagian dari rencana ekspansi bernilai miliaran dolar ke metaverse.

Akhir bulan lalu, Zuckerberg yang marah memperingatkan staf bahwa dia akan menyingkirkan karyawan yang berkinerja buruk dengan 'tinjauan kinerja agresif' saat perusahaan bersiap menghadapi penurunan ekonomi yang mendalam.

"Jika saya harus bertaruh, saya akan mengatakan bahwa ini mungkin salah satu penurunan terburuk yang pernah kita lihat dalam sejarah baru-baru ini," kata Zuckerberg kepada para pekerja dalam sesi tanya jawab mingguan karyawan pada Kamis lalu, seperti yang didengar oleh Reuters.