Siapa Bilang Pasar Kripto Sudah <i>Rebound</i>? Begini Pendapat Santiment
Cryptocurrency masih belum kembali seperti semula (foto : dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Market kripto yang mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir, hingga saat ini belum diketahui kapan tren bear market akan berakhir. Namun, dalam beberapa hari belakangan market kripto terlihat mulai segar kembali.

Firma analitik Santment menyatakan bahwa komunitas kripto belum merangkul rebound pasar terbaru berdasarkan metrik sosial. Santiment melaporkan bahwa frekuensi "jual" disebutkan di Twitter, Reddit dan Discord telah mencapai tertinggi dua bulan meskipun kenaikan harga sederhana baru-baru ini untuk Bitcoin (BTC) dan sebagian besar pasar kripto.

“Apa yang terjadi ketika harga kripto terus naik meskipun orang banyak tidak percaya bahwa tren dapat berlanjut? Badai FUD (fear, uncertainty, doubt) yang sempurna yang dapat mendorong kapitalisasi pasar untuk terus rebound,” tulis pihak Santiment, dikutip dari DailyHodl.

Saat penulisan, kripto terbesar nomor satu berdasarkan kapitalisasi pasarnya, Bitcoin, diperdagangkan 23.893 dolar AS. Aset kripto peringkat teratas berdasarkan kapitalisasi pasar naik lebih dari 3% dalam 24 jam terakhir dan lebih dari 4,5% dalam satu pekan terakhir.

Santiment juga mencatat bahwa Bitcoin menghabiskan sebagian besar tahun 2022 berkorelasi erat dengan S&P 500 tetapi baru-baru ini tertinggal di belakang pemulihan indeks saham. Perusahaan mengatakan pemisahan secara historis bullish untuk BTC.

Selain itu, Santiment mencatat bahwa rasio stablecoin Tether (USDT) teratas di bursa telah melonjak dari 19,7% pada 9 Mei menjadi 42,0% saat ini.

“Ini dapat dilihat sebagai sinyal bahwa para trader telah mengambil keuntungan karena harga telah pulih, serta sebagai tanda daya beli tertinggi dalam dua tahun,” kata Santiment.