Bagikan:

JAKARTA - Para penggemar aset kripto alternatif selain Bitcoin atau biasa disebut altcoin, tampaknya punya alasan untuk kembali bersemangat. Pasalnya data terbaru dari perusahaan intelijen pasar terkemuka, Santiment, menunjukkan potensi memasuki fase "pembelian utama" atau prime buying untuk aset kripto alternatif ini.

Menurut Santiment, lebih dari 85% altcoin yang mereka lacak saat ini berada dalam zona yang secara historis dianggap sebagai "peluang beli." Kondisi ini tentunya menarik minat investor, terutama dengan potensi keuntungan signifikan di sektor altcoin.

Dilansir Bitcoinist, penilaian ini didasarkan pada rasio Market Value to Realized Value (MVRV), yang mengukur profitabilitas aset yang dimiliki selama periode satu bulan, tiga bulan, dan enam bulan. Data tersebut menunjukkan bahwa terlepas dari volatilitas pasar baru-baru ini, potensi untuk reli bullish yang signifikan di sektor altcoin masih tinggi.

Pandangan dari analisis Santiment soal pulihnya pasar kripto beriringan dengan faktor lain yang memicu bullish kripto, yaitu dampak dari peristiwa halving Bitcoin terbaru. Halving Bitcoin bersejarah ini kerap diikuti oleh dampak positif pada pasar kripto secara keseluruhan.

Analisis Santiment menunjuk pada kerugian besar yang terealisasi di sebagian besar altcoin. Kondisi ini biasanya mendahului pemulihan saat pasar stabil dan bangkit kembali. Siklus penurunan yang diikuti oleh pemulihan yang kuat ini menawarkan momen investasi yang tepat bagi pembeli strategis.

"Mungkin wajar untuk membeli ketika rasa takut mulai memudar dari keramaian setelah semua penurunan kapitalisasi pasar ini," tulis keterangan Santiment.

Di sisi lain, trader dan analis kripto di platform media sosial X bernama Nagato justru menganjurkan untuk lebih bersabar lagi bagi yang berinvestasi di altcoin. Hal ini menunjukkan bahwa fase konsolidasi pasar saat ini dapat segera mengarah ke pergerakan naik yang signifikan.

Analis kripto Moustache turut berbagi perspektif ini, dengan mencatat persamaan antara kondisi pasar saat ini dan kondisi sebelum musim altcoin besar terakhir hampir empat tahun lalu.

Namun, para pengamat pasar menyarankan agar investor, terutama investor pemula, untuk melakukan riset yang menyeluruh dan memahami risiko sebelum terjun ke dunia kripto termasuk investasi altcoin.