Bursa Kripto Bitrue Umumkan Solana (SOL) Jadi Mata Uang Dasar, Pengaruhnya pada Harga SOL?
Kripto SOL menjadi mata uang dasar di bursa kripto Bitrue. (foto: dok Solana)

Bagikan:

JAKARTA – Mata uang kripto Solana (SOL) menjadi mata uang dasar di platform perdagangan kripto Bitrue. Selain SOL, Bitrue juga menambahkan Cardano (ADA). Itu artinya SOL dan ADA bakal menjadi mata uang pertama dalam pasangan dengan mata uang lain.

Informasi tersebut disampaikan oleh pihak pertukaran kripto Bitrue dalam sebuah pengumuman resminya. Upaya tersebut memperkuat posisi SOL sebagai salah satu mata uang kripto yang diperhitungkan.

Laporan data dari perusahaan analitik data Santiment menyatakan bahwa Solana berada di antara 10 aset yang paling cepat berkembang di bulan April ini.

Dalam daftar 10 proyek teratas berdasarkan aktivitas pengembangan agregat berdasarkan informasi Github yang tersedia untuk umum untuk bulan April, Solana berada di peringkat tiga besar. Dengan 408 pengiriman per hari, daftar tersebut menempatkan Solana sebagai aset paling berkembang kedua di depan Filecoin, yang menempati peringkat ketiga.

Metrik Santiment melacak data pengembangan ribuan repositori Github publik. Dengan lebih banyak pengguna yang berkontribusi pada suatu proyek, semakin tinggi peringkatnya. Sementara aktivitas pembangunan memiliki dampak yang kecil atau bahkan tidak sama sekali pada harga pasar jangka pendek, ini mungkin merupakan indikator yang sehat dari pertumbuhan jangka panjang proyek.

Pergerakan Harga SOL

Solana telah terkunci di pasar perdagangan sideways sejak 12 April. Dalam tiga hari terakhir, SOL telah diperdagangkan di bawah 100 dolar AS (sekitar Rp1.446.450) per koin. Pada saat publikasi, Solana diperdagangkan sedikit mengalami penurunan di level 98 dolar AS atau setara Rp1.417.521 berdasarkan harga mata uang saat ini.

Harga Solana telah turun hampir 10 persen dalam seminggu terakhir dan 20,42 persen untuk bulan ini. Meskipun harga turun, SOL menunjukkan tanda-tanda potensi rebound. Namun, penutupan yang menentukan di atas rata-rata pergerakan harian 50 dan 200 diperlukan untuk menghidupkan kembali tren naik, dilansir dari U.Today.

Saat penulisan, data dari Coingecko memaparkan bahwa Solana (SOL) diperdagangkan di harga Rp1.440.054. Harga SOL mengalami kenaikan sebesar 2,9 persen dalam 24 jam terakhir. Solana tembus harga tertinggi sepanjang masanya (ATH) pada 6 November 2021 di harga Rp3.722.574. Sedangkan harga terendah sepanjang masa SOL terjadi pada 11 Mei 2020 lalu, waktu itu harganya anjlok menjadi Rp7.456.