Reddit Luncurkan Avatar NFT untuk Penggunanya
Reddit luncurkan NFT. (Asiatokenfund)

Bagikan:

JAKARTA – Platform media sosial Reddit telah merilis koleksi avatar NFT yang bisa digunakan sebagai gambar profil pengguna. Avatar NFT tersebut dapat dibeli dengan harga mulai dari 9,99 hingga 99,99 dolar AS.

“Dalam seri ini, Collectible Avatars adalah avatar edisi terbatas yang dibuat oleh seniman independen, bekerja sama dengan Reddit, dan memberi pemilik manfaat unik di platform Reddit,” tulis pengumuman pihak Reddit.

Sebagai informasi, koleksi avatar tersebut akan dicetak (minted) di jaringan Polygon. Karena jaringan tersebut kompatibel dengan Ethereum. Informasi tersebut disampaikan CEO Polygon Sandeep Nailwal dalam sebuah postingan Twitter.

Reddit mengatakan memilih Polygon karena biaya transaksinya yang lebih rendah dan komitmennya terhadap masalah keberlanjutan. Pembeli dapat menggunakan kartu debit atau kredit untuk membeli avatar dalam fiat.

Mereka dapat menggunakan dompet berbasis blockchain Reddit yang bernama Vault. Dompet tersebut sudah tersedia di Aplikasi Reddit, berfungsi  untuk menyimpan dan mengelola barang koleksi digital.

Pemilik avatar akan memiliki lisensi untuk menggunakannya di platform online lainnya. Tetapi haknya tidak akan seluas dalam kasus koleksi NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) Yuga Lab, yang memungkinkan karakter kartun untuk digunakan, misalnya, dalam produk dan acara TV.   

“Dirancang oleh beberapa seniman visual Reddit yang paling bersemangat, Avatar Koleksi edisi terbatas baru akan segera tersedia untuk dibeli di Pembuat Avatar Reddit, dengan hasil (penjualan) akan diberikan kepada seniman yang mendesainnya,” tulis keterangan Reddit, dikutip dari Cryptopotato.

Para seniman yang mendesain avatar tersebut akan mendapatkan royalti jika aset digital ini dibuka untuk perdagangan pasar sekunder di platform lain.  

Efek seperti cahaya pada gambar profil dan kustomisasi avatar ini di Avatar Builder dengan perlengkapan dan aksesori yang tersedia adalah beberapa fitur khusus saat ini.

Reddit berencana untuk memperkenalkan lebih banyak teknologi dan fitur berbasis blockchain ke dalam platform dan menyebut avatar yang dapat dikoleksi sebagai langkah awal untuk integrasi tersebut, kata laporan media.

“Koleksi Avatar yang didukung Blockchain adalah salah satu langkah awal yang kami ambil untuk menguji manfaat potensial dari konsep ini di Reddit,” ujar pihak Reddit.