Pengguna Dompet Kripto MetaMask Keluhkan Masalah Koneksi, Owalah Gara-gara Ini Rupanya...
Dompet kripto MetaMask alami gangguan. (foto: dok, MetaMask)

Bagikan:

JAKARTA – Dompet penyimpan aset digital MetaMask dikabarkan mendapat gangguan pada Jumat 22 April kemarin. Pasalnya Infura selaku penyedia layanan yang digunakan MetaMask untuk mengambil informasi dari blockchain mengalami sejumlah pemadaman layanan.

Tercatat ada sepuluh komponen di layanan Infura yang mengalami pemadaman besar-besaran. Tidak hanya itu, lima komponen lain juga mengalami permasalahan serupa. Merespon masalah gangguan tersebut, MetaMask menyampaikan pengumuman melalui postingan Twitter resminya.

“Jika saat ini Anda mengalami masalah dengan Metamask, mungkin karena pemadaman yang secara aktif dilawan oleh [Infura],” tulis pihak MetaMask pada 22 April.

“Kami mohon maaf atas gangguan dan ketidaknyamanan layanan. Tim kami bekerja keras untuk menyelesaikan insiden tersebut,” tulis akun Twitter resmi Infura.

Para pengguna MetaMask di forum diskusi Reddit meramaikan topik pembahasan. Mereka menanyakan kemungkinan MetaMask mengalami down. Selain itu, mereka juga mengkritik MetaMask dan Infura atas pemadaman besar-besaran tersebut.

“Jika Metamask ingin menggunakan Infura secara default, tidak apa-apa, tetapi pengguna juga harus beralih otomatis ke campuran cadangan yang diperiksa (agar tidak membanjiri salah satunya) jika Infura sedang down,” tulis pengguna Twitter pada hari Jumat.

Selain pengumuman layanan Metamask dan Infura, banyak proyek defi lainnya, perusahaan, dan pasar mengeluarkan peringatan. “[Infura] mengalami gangguan besar, yang memengaruhi hal-hal seperti Metamask yang menggunakan RPC mereka. Jadi, jika Anda mengalami masalah dengan dompet atm Anda, mungkin itu sebabnya,” platform perdagangan NFT LooksRare turut mengomentari.

Kendati begitu, hingga saat ini pihak Infura belum menjelaskan permasalahan yang dialami layanannya. Gara-gara masalah tersebut, para pengguna MetaMask kesulitan menghubungkan dompet digitalnya dengan sejumlah web gamefi maupun marketplace NFT.