Jelang Peluncuran YouTube Handle, Google Minta Pengguna Untuk Personalisasi URL
YouTube Handle segera hadir (foto: dok. YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube telah mengumumkan fitur barunya yang disebut Handle, yang memungkinkan pengguna untuk menandakan atau men-tag seseorang di platformnya. 

YouTube mengatakan bahwa fitur ini akan diluncurkan secara bertahap mulai dari minggu depan. Bahkan, YouTube sudah mulai mengirimi email kepada pemilik channel YouTube tentang peluncuran fitur ini. 

Berdasarkan email yang diterima VOI (mungkin semua pemilik channel YouTube juga), YouTube memberitahu bahwa Handle akan datang minggu depan. 

"Kami ingin memberitahukan bahwa dalam beberapa minggu mendatang, YouTube akan memperkenalkan YouTube handle atau nama sebutan channel, untuk memudahkan anggota komunitas menemukan dan terhubung satu sama lain," tulis email tersebut.

Tim YouTube juga membagikan beberapa hal yang perlu diketahui pemilik channel sebelum Handle diluncurkan, salah satunya adalah URL yang dipersonalisasi. 

Platform berbagi dan menonton video itu mengatakan bahwa Anda akan menerima email dan notifikasi lain di YouTube Studio saat Anda sudah dapat memilih handle yang Anda inginkan. 

"Umumnya, jika channel Anda sudah memiliki URL yang dipersonalisasi, kami akan mereservasinya untuk handle channel Anda," jelasnya. 

Mulai tanggal 14 November 2022 mendatang, jika Anda belum memilih handle atau nama sebutan channel, YouTube akan otomatis menetapkan handle untuk channel Anda. Namun, jika Anda ingin, Anda dapat mengubah handle tersebut nantinya di YouTube Studio.

Cara Menemukan URL channel YouTube

Untuk mengetahui URL channel YouTube Anda, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Login ke YouTube Studio.
  2. Dari Menu kiri, pilih Penyesuaian lalu Info dasar.
  3. Di bagian URL Channel, Anda dapat melihat dan menyalin URL Channel.