Apa Itu YouTube Handle, Inilah Kegunaan dan Ketentuannya
Ilustrasi YouTube Handle (foto: Unsplash/Alexander Shatov)

Bagikan:

YOGYAKARTA - YouTube meluncurkan fitur baru bagi penggunanya sebagai langkah terus berinovasi. Fitur terbaru platform berbagi video tersebut bernama YouTube Handle. YouTube memberitahukan dan mengenalkan fitur baru ini dengan mengirim pesan ke e-mail penggunanya. 

Fitur YouTube Handle dirilis secara bertahap mulai tanggal 14 November 2022. YouTube akan selalu menyampaikan pemberitahuan kepada penggunanya terkait perkembangan fitur ini lewat e-mail. 

YouTube menghadirkan fitur YouTube Handle untuk memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan akun lain. Pengguna YouTube nantinya dapat melakukan aktivitas mention atau tag akun setelah adanya fitur ini. 

“Kami ingin membuat para kreator dan pembuat konten memiliki identitas yang unik layaknya konten mereka, sembari memberikan layanan kepada penonton agar mereka lebih mudah berinteraksi dengan pembuat konten favorit mereka,” keterangan resmis yang ditulis YouTube. 

Apa Itu YouTube Handle 

YouTube Handle merupakan fitur nama sebutan channel. Fitur ini membuat pemilik akun YouTube mudah terhubung dan berinteraksi dengan akun lain memakai nama sebutan channel. 

YouTube Handle serupa dengan username akun di media sosial seperti Instagram, TikTok, atau Twitter. Jadi penggunanya bisa mention atau tag  akun orang lain di kolom komentar, postingan komunitas, dan lainnya. 

Kegunaan Fitur YouTube Handle

Nantinya pengguna YouTube akan memiliki username masing-masing tiap akun dengan fitur YouTube Handle. Fitur Handle ini bertujuan supaya penggunanya dapat menemukan akun channel secara mudah. 

Username dalam fitur YouTube Handle memiliki sifat yang sama seperti username media sosial, yakni tidak bisa diduplikat. Jadi username hanya ada satu atau tidak bisa digunakan oleh akun lain. Berbeda dengan nama channel YouTube yang bisa digunakan lagi atau membuat nama yang sama. 

Berikut beberapa kegunaan dari fitur YouTube Handle

  • Alamat Handle setiap channel bersifat unik/tidak bisa diduplikat
  • Memudahkan orang mencari dan menemukan channel kita maupun sebaliknya
  • Bisa mention/tag channel di dalam postingan video/komentar
  • Bisa digunakan dalam video shorts
  • Lebih mudah dibagikan

Cara Mengubah Nama YouTube Handle

Langkah yang perlu anda lakukan untuk mengubah username atau nama YouTube Handel sangatlah mudah. 

  • Login terlebih dahulu ke akun YouTube anda
  • Akses halaman YouTube Studio
  • Pilih ‘Customization’ pada menu sidebar
  • Pilih ‘Basic info’ pada sub-menu Customization
  • Di laman tersebut akan ada kolom bernama ‘handle’. Silakan isikan nama Handle yang anda inginkan di kolom tersebut. 
  • Pastikan nama handle masih tersedia dan bisa dipilih. Jika nama yang anda inginkan sudah tidak tersedia, silakan masukkan nama lain. 
  • Selanjutnya simpan pengaturan dengan mimilih tombol ‘Publish’

Anda bisa langsung mengecek atau meninjaunya hasil nama anda jika handle sudah tersimpan. Cara mengeceknyadengan menuliskan alamat di browser, ketik  “youtube.com/@ nama yang anda pilih”. Contohnya: youtube.com/@alviewtech. Apabila laman channel YouTube anda langsung terbuka, berarti pengaturan Handle anda berhasil. 

Pengguna Bukan Kreator Bisa Menggunakan Fitur YouTube Handle

Fitur YouTube Handle bisa digunakan oleh semua pengguna YouTube, baik itu kreator pemilik channel atau penonton biasa. Pihak YouTube awalnya membatasi fitur ini hanya untuk channel dengan minimal 100 subscriber. Tapi kebijakan tersebut dihapus dan fitur ini bisa digunakan oleh semua akun. 

Itulah pengertian apa itu YouTube Handle dan kegunaannya bagi user YouTube. Fitur ini bisa digunakan oleh semua pengguna YouTube, baik kreator maupun penonton biasa. Peluncuran fitur ini dilakukan secara bertahap, jadi selalu cek perkembangan terupdate dari YouTube. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.