Bagikan:

JAKARTA – Pada awal bulan Mei, Google Messages memperbarui alat perekam suara di dalam ruang obrolan. Dalam versi terbaru, desain ulang perekam suara mendapatkan fitur baru untuk meredam kebisingan.

Meski kemampuan baru ini sudah diluncurkan, tidak semua pengguna bisa menggunakan fiturnya karena ketersediaannya masih terbatas. Setelah diluncurkan secara bertahap, fitur ini akhirnya tersedia secara luas di seluruh negara.

Menurut laporan 9to5google, fitur peredam bising ini sudah tersedia secara luas setelah perusahaan meluncurkan pembaruan Google Message versi beta 20240523_04_RC00. Fitur ini bahkan sudah bekerja secara stabil.

Saat membuka ruang obrolan dan menekan ikon rekam suara, jendela perekaman akan muncul di bagian bawah layar. Pengguna bisa melihat tombol kecil untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur perekam bising.

Jika fiturnya diaktifkan, pengguna akan melihat label ON dengan tanda rekaman suara yang berjalan. Namun, jika pengguna menonaktifkan fitur tersebut, label OFF akan muncul dengan ikon perekam suara yang disilang.

Peluncuran fitur peredam bising di alat perekam suara merupakan inovasi yang sangat menarik. Pasalnya, dengan menggunakan fitur ini, suara yang direkam oleh pengguna akan bebas dari gangguan suara di sekitarnya.

Selain itu, fitur ini juga akan meningkatkan kualitas suara. Google pun mengatakan bahwa fitur ini mampu, "meningkatkan kualitas audio pesan suara secara keseluruhan dengan meningkatkan bit rate dan sampling rate.”