Bagikan:

JAKARTA – Gemini, model Kecerdasan Buatan (AI) milik Google, telah di tambahkan ke dalam Google Messages sejak I/O 2024 digelar. Namun, Gemini baru beroperasi secara stabil dalam beberapa hari terakhir ini.

Untuk mengetahui apakah Google Messages di perangkat Anda sudah didukung Gemini, Anda hanya perlu membuka aplikasi dan mengetuk ikon Mulai Obrolan. Seharusnya, Gemini terlihat di bagian teratas halaman Daftar Percakapan Baru.

Saat Anda mengetuk obrolan Gemini, Google Messages akan meminta pengguna untuk menyetujui beberapa persyaratan. Setelah itu, pengguna akan melihat ruang obrolan sederhana dengan keterangan RCS message di kotak pengetikan pesan.

Sama seperti ruang obrolan lainnya, pengguna juga akan melihat emoji dan galeri di kotak pengetikan pesan. Selama mengobrol dengan Gemini, pengguna juga bisa mengunggah gambar apa pun sebagai prompt atau ide obrolan.

Gemini di Google Messages bisa digunakan untuk menyusun pesan, merencanakan acara, atau mengobrol layaknya chatbot. Khusus di Google Messages, Gemini bisa memberikan respons yang sangat singkat sesuai dengan ruang obrolan.

Sebelum menggunakan Gemini, pengguna Google Message harus mengaktifkan dukungan RCS terlebih dahulu. Meskipun aplikasi ini mendukung enkripsi end-to-end, percakapan one-on-one dengan Gemini tidak akan dienkripsi.

Layanan Gemini tidak bisa diakses melalui situs web Google Messages sehingga pengguna harus mengunduh aplikasinya. Dukungan Gemini sudah diluncurkan secara global, kecuali di Area Ekonomi Eropa (EEA), Inggris Raya, Swiss, atau India.