Bagikan:

JAKARTA – Sejak diluncurkan pada Desember tahun lalu, model bahasa besar (LLM) Gemini telah mendapatkan banyak peningkatan. Kini, Google dikabarkan akan merilis Gemini 2.0 sebelum tahun berganti.

Berdasarkan laporan 9to5google, perusahaan ini akan merilis Gemini 2.0 secara luas pada Desember mendatang. Meski model baru ini merupakan generasi LLM berikutnya, kinerja Gemini 2.0 tidak akan mengalami banyak peningkatan. 

Dibandingkan merilis LLM dengan peningkatan yang jauh lebih baik, tim Google yang dipimpin oleh Demis Hassabis hanya lebih mengutamakan tren di kalangan pengembang model besar dan terkemuka. Mereka hanya mengejar versi terbaru dari Gemini.

Belum diketahui dengan pasti bagaimana kinerja dari Gemini 2.0 karena fungsionalitasnya belum terungkap. Belum diketahui juga perangkat dan fitur apa saja yang akan mendapatkan peningkatan dari LLM generasi terbaru ini.

Saat Google merilis Gemini untuk pertama kalinya, perusahaan itu langsung menambahkan model Artificial Intelligence (AI) buatannya dengan versi 1.0 Pro ke dalam Bard. Chatbot tersebut telah berubah nama menjadi Gemini. 

Sementara itu, versi Nano ditambahkan ke perangkat Pixel 8 Pro dan tingkat yang paling tinggi, yaitu Ultra, ditambahkan ke dalam Gemini Advanced. Kemungkinan besar, Google juga akan menambahkan beberapa versi dari Gemini 2.0 ke perangkat dan aplikasi yang berbeda.