Bagikan:

 

JAKARTA – Google Messages, layanan Rich Communication Services (RCS) buatan Google, akan mendapatkan dukungan Gemini. Model Kecerdasan Buatan (AI) ini akan hadir dalam bentuk chatbot.

Berdasarkan temuan 9to5google, Gemini akan membantu pengguna Google Messages untuk menyusun pesan, bertukar pikiran, merencanakan acara, atau membantu pengguna memikirkan ide percakapan yang menyenangkan.

Selain memberikan saran yang berkaitan dengan kepenulisan, Gemini bisa digunakan untuk membuat gambar. Chatbot ini juga bisa memberikan akses secara langsung ke layanan Google Workspace, Maps, YouTube, dan masih banyak lagi.

Menariknya, interaksi chatbot ini tidak terbatas pada teks karena pengguna Google Messages bisa mengunggah atau menanyakan gambar. Selama menggunakan fitur tersebut, memo suara akan dinonaktifkan secara otomatis.

Sayangnya, Google tidak menggunakan enkripsi end-to-end selama pengguna berinteraksi dengan Gemini. Namun, perusahaan itu menjanjikan keamanan dan privasi serta memastikan bahwa Gemini tidak akan mengintip obrolan lain di aplikasi pengguna.

Dukungan Gemini akan diluncurkan ke versi beta dan perangkatnya terbatas. Beberapa ponsel yang akan mendapatkan dukungan ini adalah Pixel 6 ke atas, Pixel Fold, Samsung Galaxy S22 series ke atas, serta Galaxy Z Flip dan Z Fold.

Gemini akan diluncurkan ke 165 negara dengan bahasa Inggris. Khusus di Kanada, pengguna Google Messages bisa menggunakan bahasa Prancis. Jika Anda ingin mencoba dukungan Gemini di versi beta, pastikan bahwa Anda sudah berusia 18 tahun.