Gemini Mulai Dihadirkan ke Aplikasi Google Message
Gemini ada di Google Message (foto: dok. Google)

Bagikan:

 

JAKARTA – Pada awal tahun ini, terungkap bahwa model Kecerdasan Buatan (AI) Gemini akan ditambahkan ke aplikasi Google Message. Kini, Model Bahasa Besar (LLM) itu mulai diluncurkan dalam versi beta.

Dikutip dari 9to5google, Gemini mulai diluncurkan ke beberapa pengguna beta Google Message. Pengguna Google Message yang mendapatkan dukungan Gemini adalah pengguna yang memakai perangkat Pixel 6 atau yang lebih baru dan Pixel Fold.

Dukungan Gemini ini juga tersedia di Samsung Galaxy S22 atau yang lebih baru, Galaxy Z Flip, dan Galaxy Z Fold. Pengguna harus mengaktifkan Rich Communication Services (RCS) dan menggunakan akun pribadi dengan usia di atas 18 tahun.

Untuk menggunakan chatbot Gemini, pengguna bisa membuka aplikasi Google Message mereka dan mengetuk mulai obrolan. Biasanya, Google Message akan menampilkan deretan kontak dan di bagian teratas akan muncul chatbot Gemini.

Saat chatbot diketuk, pengguna akan melihat user interface (UI) yang sama dengan ruang obrolan lainnya, tetapi pengguna tidak akan melihat ikon pesan suara. Pengguna hanya bisa mengetikkan pesan dan mengunggah gambar.

Seluruh percakapan yang dilakukan di ruang obrolan Gemini tidak akan dienkripsi secara end-to-end. Jika pengguna bingung untuk memulai percakapan, mereka bisa mengeklik rekomendasi prompt atau pertanyaan di bagian atas kotak pesan.

Gemini mulai diperluas pada Selasa, 26 Maret dan sedang dirilis secara bertahap. Chatbot AI ini didukung oleh Gemini 1.0 Pro yang bisa memberikan respons yang ringkas dan bisa mengakses beberapa aplikasi dalam bentuk Ekstensi Gemini.