Bagikan:

JAKARTA - YouTube harus semakin waspada, karena Twitch baru saja meluncurkan Hype Chat, di mana konten kreator bisa mendapatkan tambahan pendapatan jika penggemarnya menggunakan fitur ini.

Hype Chat, sejatinya merupakan cara baru dan tambahan agar penggemar lebih menonjol dalam menjangkau kreator. Sekaligus, kreator juga akan mendapatkan bagian dari pendapatan dari setiap pembelian Hype Chat.

Penggemar bisa langsung membeli pesan yang disematkan di bagian atas obrolan pada saluran kreator yang mereka sukai.

"Menurut kami Hype Chat akan berfungsi paling baik di saluran yang menampilkan obrolan cepat. Itulah mengapa saat diluncurkan, ini hanya tersedia untuk Mitra. Kami sedang mengerjakan rencana untuk meluncurkannya secara lebih luas," ujar Twitch dalam blog resminya, dikutip Jumat, 23 Juni.

Mereka dapat mengirim pesan obrolan dengan harga mulai dari 1 hingga 500 dolar AS (Rp15 ribuan sampai Rp7 jutaan). Kreator bisa menetapkan minimum harga hingga 100 dolar AS (Rp1,4 jutaan), kapan pun mereka inginkan.

Selain itu, penggemar bisa membeli Hype Chat langsung dalam mata uang lokal mereka, tidak perlu Bit. Pembagian pendapatannya sebesar 70 per 30 setelah dikurangi biaya pembayaran di web.

Durasi, jumlah karakter, dan desain visual pin bakal bergantung pada berapa banyak uang yang dihabiskan penggemar.

Sementara, Hype Chat dengan nilai lebih tinggi akan berada di bagian atas obrolan lebih lama, jumlah karakter juga akan banyak tersedia dan memiliki desain yang lebih menonjol.

Hype Chat tersedia bersama fitur monetisasi yang ada seperti Bits, Subs, dan Gift Subs. Menyoal keamanan, Twitch menyatakan penggemar tidak akan dapat mengirim pesan yang berisi kata atau frasa yang dilarang, termasuk di seluruh situs dan di tingkat saluran oleh kreator.

Pesan Hype Chat dari pengguna yang time out atau banned nantinya langsung dihapus dari antrian. Pesan juga dipindai oleh AutoMod, dan penggemar tidak akan dapat menyelesaikan pembelian Hype Chat mereka jika ditandai oleh AutoMod.

Kreator dan AutoMod pun diberi kemampuan untuk melepas sematan pesan Hype Chat yang dianggap berbahaya atau tidak disukai. Mereka juga akan mendapatkan peringatan Hype Chat langsung melalui Alerts by Twitch.